youtube channel

Channels

Polemik Izin FPI dan Kegelisahan Habib Rizieq Shihab 14 Tahun Silam

Polemik Izin FPI dan Kegelisahan Habib Rizieq Shihab 14 Tahun Silam

Izin FPI telah berakhir, banyak pihak ingin diperpanjang banyak juga yang dibubarkan

antvklik.com - Izin FPI yang didirikan Habib Rizieq Shihab (HRS) sebagai ormas telah habis masa berlakunya. Banyak pihak mendesak pemerintah tidak memperpanjang izin FPI. Namun tak sedikit yang ingin mempertahankan FPI.

- Pihak yang ingin membubarkan menilai, FPI kerap melakukan tindakan anarki, dan tidak toleran. Sedangkan pihak yang ingin mempertahankan menilai, FPI kerap memberikan bantuan ketika rakyat terkena bencana.

Presiden Joko Widodo telah membuka kemungkinan untuk tidak memperpanjang lagi izin organisasi yang didirikan 21 tahun silam itu jika keberadaannya dinilai tidak sejalan dengan ideologi negara.

Menurut catatan situs sejarahlengkap.com, latar belakang pendirian FPI antara lain: Penderitaan panjang umat Islam di Indonesia yang terjadi karena lemahnya kontrol sosial dari penguasa sipil dan militer, sebagai akibat dari banyaknya pelanggaran HAM yang dilakukan oleh oknum penguasa. Terjadinya kemungkaran dan kemaksiatan yang semakin merajalela di seluruh aspek kehidupan. Adanya kewajiban untuk menjaga dan mempertahankan harkat serta martabat Islam dan seluruh umat Islam.

Pada tahun 2015 saya sempat mengantarkan HRS ke rumahnya di Petamburan, Jakarta Pusat usai ceramah di Ulujami, Jakarta Selatan. HRS duduk di samping saya. Sambil mengemudi, saya mendengarkan cerita HRS. Dalam perjalanan malam itu, HRS mengungkapkan kegelisahannya melihat banyak pemuda muslim yang sudah bekerja maupun yang menganggur terjerat narkoba maupun minuman keras. Lantas, untuk mencegah mereka yang belum terjerat narkoba maupun miras, HRS mengajak mereka pada akhir pekan untuk merazia tempat-tempat penjualan miras dan narkoba di sekitar Jakarta.

"Saya akui, ada juga oknum anggota FPI yang mengambil kesempatan seperti mengambil miras saat razia. Tapi, oknum itu kita hukum," jelasnya.

HRS juga gelisah melihat banyak pemuda muslim yang menganggur. Dia berharap para pemuda binaannya bisa bekerja dengan layak dan tetap menjadi muslim yang taat dan tidak terjerat miras serta narkoba.

Upaya lain menjauhkan pemuda dari narkoba dan miras yang dilakukan HRA adalah membuat pemuda muslim sibuk dengan aksi sosial. Karena itulah, saat ada bencana, FPI mengajak anggotanya bergabung untuk membantu langsung di lokasi. Seperti saat bencana tsunami di Aceh pada tahun 2014 silam.

Dalam wawancara dengan Associated Press(AP) Jumat 27 juli 2019 lalu berkait soal perpanjang izin FPI, Presiden Jokowi mengatakan pada prinsipnya pemerintah akan bekerja sama dengan kelompok-kelompok Islam selama pandangan mereka tidak melanggar ideologi negara.

"Ya,tentu saja,sangat mungkin. Jika pemerintah meninjau dari sudut pandang keamanan dan ideologis menunjukkan bahwa mereka tidak sejalan dengan negara,"ujar Jokowi

Sedangkan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Herman Khaeron menyarankan pemerintah agar melakukan evaluasi terhadap organisasi FPI, kontribusi positif dan negatifnya terhadap negara. Khaeoran juga meminta pemerintah berlaku adil dalam menilai keberadaan sebuah organisasi. Namun, ia meminta pemerintah harus memberikan alasan ke publik jika sebuah ormas tidak dilanjutkan izinnya.

"Tergantung kontribusinya, kalau positif terhadap negara itu menjadi pertimbangan positif. Tapi kalau ada pertimbangan lain dari pemerintah harus diungkapkan ke publik sehingga publik juga teryakinkan,"tandasnya.

| Mahendra Dewanata, Agam Wiftarenal, Chairul Achir | Jakarta |


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments