youtube channel

Channels

Pilar Penyangga Tak Kuat, Tambang Kapur Batu Kumbung Runtuh

Pilar Penyangga Tak Kuat, Tambang Kapur Batu Kumbung Runtuh

Pilar penyangga tak kuat, tambang kapur runtuh

antvklik.com - Lokasi penambangan batu kumbung di kawasan perbukitan kapur Tuban, Jawa Timur, runtuh. Tambang seluas satu hektar tersebur runtuh akibat sejumlah pilar penyangga tidak mampu menahan atap gua. Beruntung tidak ada korban jiwa saat kejadian, namun puluhan peralatan tambang hancur tertimbun reruntuhan.

Saat runtuhnya tambang ini, sempat direkam oleh warga menggunakan kamera hanphone, sesaat setelah tambang runtuh. Terdengar suara gemuruh dan terlihat asap putih yang ditimbulkan akibat runtuhnya tambang batu kumbung yang ada di Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Beruntung saat peristiwa ini terjadi, para pekerja tambang sedang libur. Sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun puluhan alat tambang dan kendaraan pengangkut hasil tambang hancur tertimbun reruntuhan batu.

Runtuhnya lokasi penambangan batu ini diduga disebabkan dua faktor, yaitu alam dan kesalahan manusia. Pekerja tambang kurang memperhitungkan kekuatan pilar pengangga, sehingga ambruk karena tidak mampu menahan beban atap yang semakin berat akibat resapan air hujan.

Mendapat laporan warga, petugas kepolisian bersama perangkat desa dan kecamatan langsung datang ke lokasi untuk memastikan bahwa kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Selain itu, petugas juga mengingatkan warga agar lebih berhati-hati saat melakukan penambangan batu kapur.

Rencananya aktifitas penambangan batu kumbung di area ini akan dihentikan, sebab lokasi tambang telah rapuh dan rawan runtuh lagi. Laporan Hartono dari Tuban, Jawa Timur.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments