youtube channel

Channels

Petugas Menemukan Kambing Tidak Layak Kurban yang Tetap Dijual

Petugas Menemukan Kambing Tidak Layak Kurban yang Tetap Dijual

Petugas Menemukan Kambing Tidak Layak Kurban yang Tetap Dijual

antvklik.com - - Petugas Dinas Peternakan Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat menggelar sidak ke pasar hewan yang terletak di Kecamatan Wonomulyo pada 20 Agustus 2018. Petugas menemukan sejumlah kambing yang tidak layak kurban dijual oleh pedagang.

Petugas Dinas Peternakan Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, segera mendatangi salah satu pusat penjualan hewan kurban di belakang Pasar Sentral Wonomulyo, Kecamatan Wonomulyo, dan segera memeriksa satu persatu kambing yang dijual mengingat Hari Raya Idul Adha semakin dekat.

Pemeriksaan difokuskan pada pemeriksaan antemortem meliputi pemeriksaan mata, kuku, tanduk, hingga testis kambing untuk memastikan kesehatan hewan sebelum disembelih. Kambing yang sehat dan layak kurban langsung diberi surat keterangan dari Petugas Dinas Peternakan.

Petugas juga menemukan sejumlah kambing yang tidak memenuhi kriteria seperti bertubuh kurus, sakit, tanduk patah dan membuat kambing tersebut tidak layak kurban dan meminta para pedagang untuk tidak menjual kambing tersebut terutama sebagai hewan kurban.

Petugas Dinas Peternakan memberi himbauan pada masyarakat yang akan membeli sapi atau kambing di pasar hewan agar lebih selektif dan berhati-hati sebelum membeli. Warga juga dihimbau untuk meminta Surat Keterangan Sehat Kurban kepada pemilik hewan untuk memastikan bahwa hewan sehat dan layak konsumsi pada Hari Raya Idul Adha.

Rencananya Petugas Dinas Peternakan akan terus melanjutkan sidak diberbagai sentra peternakan sapi dan kambing di Kabupaten Polewali Mandar, hingga H-1 Hari Raya Idul Adha mendatang.

Laporan dari Rasman Abdul Rahman, Sulawesi Barat.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments