youtube channel

Channels

Wisata Angkasa Kian Dekat, Pesawat Ruang Angkasa Virgin Galactic Sukses Meluncur

Wisata Angkasa Kian Dekat, Pesawat Ruang Angkasa Virgin Galactic Sukses Meluncur

Virgin Galactic sukses meluncurkan pesawat ke ruang angkasa

- Impian berwisata ke ruang angkasa sebentar lagi akan terwujud. Virgin Galactic, sebuah perusahaan swasta AS yang didirikan Richard Branson, sukses meluncurkan pesawat ke ruang angkasa, Kamis (13/12).

antvklik.com - Pesawat induk White Knight Two lepas landas dari Gurun Mojave, California, AS, Kamis pagi waktu setempat. Kurang dari satu jam kemudian, pesawat bertenaga roket, Space Ship Two dengan nama lambung VSS Unity yang dibawa White Knight Two melepaskan diri di ketinggian 43 ribu kaki.

Begitu lepas dari pesawat induk, VSS Unity yang diawaki dua pilot veteran, menembus atmosfir dengan tenaga roket. Hanya dalam tempo semenit saja, pesawat ini sudah mencapai hampir tiga kali kecepatan suara.

Mencapai Batas Ruang Angkasa

Akhirnya VSS Unity berhasil mencapai ruang angkasa setelah menembus ketinggian 51,4 mil atau sekira 82,2 km dari permukaan bumi. Sebuah wahana diakui mencapai batas ruang angkasa jika melewati ketinggian 50 mil dari dari permukaan bumi.

Melihat ruang angkasa dari kokpit VSS Unity

Pesawat VSS Unity kemudian dapat mendarat dengan selamat di Gurun Mojave, California, AS. Atas keberhasilan penerbangan ruang angkasa ini, kedua pilot mendapat wing astronot komersial dari Badan Penerbangan Federal AS atau FAA.

Pilot VSS Unity ternyata bukan penerbang biasa. Pilot Rick “CJ” Sturckow merupakan mantan astronot NASA yang pernah mengikuti 4 misi penerbangan pesawat ulang alik, Space Shuttle. Sedangkan rekannya, penerbang Mark “Forger” Stucky adalah mantan mantan pilot tes NASA dan Angkatan Udara AS.

VSS Unity yang bertenaga roket berhasil mendarat di Gurun Mojave

Bagi Richard Branson, pendiri Virgin Galactic, keberhasilan penerbangan ruang angkasa ini menjadi sumber pendapatan pertama bagi perusahaannya. Ini karena dalam penerbangannya, VSS Unity juga membawa peralatan riset dari NASA. Muatan ini sekaligus untuk mensimulasi beban jika pesawat tersebut kelak mengangkut penumpang.

Virgin Galactic sempat kesulitan pendanaan sejak Richard Branson memutuskan tak menerima investasi sebesar 1 miliar dollar AS dari Arab Saudi. Keputusan ini diambil terkait tewasnya jurnalis Jamal Khashoggi di Turki, Oktober lalu.

Karena itu dengan suksesnya uji coba penerbangan ruang angkasa ini Branson berharap dapat membawa satu atau dua investor baru.

“Penerbangan ruang angkasa tidaklah murah. Saya pribadi sudah menginvestasikan 1 miliar dollar. Karena itu mendapat uang pertama dari investasi ini adalah hal yang menyenangkan,” kata Branson.

Belum jelas kapan Virgin Galactic mulai meluncurkan wisata ruang angkasa. Namun antrean paket wisata ini sudah banyak. Virgin Galactic mencatat sudah 600 orang yang sudah booking tiket jalan-jalan ke ruang angkasa. Padahal harga tiketnya selangit. Mencapai 250 ribu dollar AS per orang, atau sekira Rp 3,7 miliar.

Sumber : CNN


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments