youtube channel

Channels

Perempuan-perempuan Pemecah Kerang Laut

Perempuan-perempuan Pemecah Kerang Laut

Perempuan-perempuan Pemecah Kerang Laut

antvklik.com - - Para kaum perempuan memiliki cara tersendiri untuk membantu meringankan beban suami dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Seperti yang dilakukan Warga Dusun Mampie, Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi sejumlah ibu-ibu yang merupakan istri nelayan Dusun Mampie, Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo usai mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti memasak dan menyiapkan makan siang untuk suami, mereka langsung berkumpul ditempat biasa mereka bekerja sebagai pemecah kerang laut.

Masing-masing anggota memiliki peran masing-masing dalam kegiatan ini mulai dari pencari kerang laut, pemasak kerang, pemecah kerang hingga yang bertugas memasarkan kerang kepasar ataupun keliling perkampungan.

Ratusan kilogram kerang yang telah dibersihkan sebelumnya direbus sampai matang, setelah matang cangkang kerang-kerang tersebut kemudian dipecahkan untuk kemudian diambil isinya. Selain ibu-ibu yang bekerja sebagai pemecah kerang, sejumlah anak-anak juga terlibat dalam proses pengeluaran isi kerang dengan alat yang sangat sederhana yaitu menggunakan lidi.

Anak-anak yang ikut serta membantu mengeluarkan isi kerang seusai pulang sekolah.

Dengan cekatan para ibu-ibu mengeluarkan isi kerang yang cangkangnya sudah dipecahkan sebelumnya. Dalam sehari satu kelompok mampu menghasilkan paling sedikit dua puluh kilogram kerang yang kemudian dijual seharga sepuluh ribu rupiah liter per liternya.

Dalam sehari ibu-ibu yang bekerja paruh waktu Dusun Mampie mampu menghasilkan 30 sampai 50 ribu rupiah yang tentu saja sangat membantu meringankan beban ekonomi keluarga ditengah terus menaiknya harga kebutuhan untuk rumah tangga.

Selain ibu-ibu yang bekerja sebagai pemecah kerang sejumlah anak-anak juga sangat antusias ikut dalam kelompok pemecah kerang laut, tapi mereka baru diperbolehkan ikut setelah pulang sekolah dan diberi tugas mengeluarkan isi kerang dengan upah lima ribu hingga sepuluh ribu rupiah.

Pekerjaan memecah kerang laut ternyata telah menjadi pekerjaan turun temurun perempuan sebagai istri nelayan Dusun Mampie, Desa galeso, Kecamatan Wonomulyo. Meskipun mendapatkan penghasilan sebagi pemecah kerang tak besar namun pekerjaan turun temurun sebgai pemecah kerang masih terus dijaga masyarakat yang juga merupakan salah satu tradisi gotong royong dan menjaga tali silaturahmi antar warga di Dusun Mampie. Dari Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Rasman Abdul Rahman mengabarkan.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments