youtube channel

Channels

Lampung Gelar Pemungutan Suara Ulang, Pemilih Lebih Sedikit

Lampung Gelar Pemungutan Suara Ulang, Pemilih Lebih Sedikit

Lampung Gelar Pemungutan Suara Ulang, Pemilih Lebih Sedikit

Pemilihan umum yang telah dilakukan serentak pada 17 April lalu menimbulkan sejumlah masalah. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu mengungkapkan bahwa total ada 2.767 tempat pemungutan suara (TPS) yang harus melakukan pemungutan suara ulang, susulan, dan lanjutan per Senin (22/4/2019) sore.

antvklik.com - - Pemungutan suara ulang (PSU) adalah pemungutan suara yang direkomendasikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) karena ada kesalahan penyelenggara KPPS ataupun adanya indikasi pelanggaran dalam pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Sedangkan pemungutan suara lanjutan (PSL) dilakukan jika pemungutan suara saat hari H tidak selesai karena berbagai hal, sehingga bisa dilanjutkan dengan PSL.

Sedangkan pemungutan suara susulan (PSS) adalah pemungutan suara di tingkat TPS yang belum diselenggarakan karena beberapa faktor, misalnya karena logistik yang terlambat dan bencana alam.

Di Provinsi Lampung, pemungutan suara ulang dilakukan di 3 TPS, dengan tempat berbeda, yakni di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Selatan, dan Bandar Lampung.

TPS yang melakukan pemungutan suara ulang ini lantaran adanya pemilih yang menggunakan kartu undangan orang lain dan adanya pemilih yang memilih dengan daerah pemilihan yang berbeda.

Pada ketiga TPS tersebut dilakukan pemilihan ulang secara serentak pada hari ini dengan regulasi yang sama pada pemilihan 17 April lalu.

Di Provinsi Lampung, pada hari ini juga, dilakukan pada waktu bnersamaan, selain pemungutan suara ulang dilakukan pula pemungutan suara lanjutan yang digelar di dua daerah, yakni di Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat, dan Kabupaten Pesawaran.

Ketua KPU Provinsi Lampung, Nanang Trenggono, menyatakan bahwa berdasarkan pantauan timnya sejauh ini pemungutan suara ulang berjalan tertib. Nanang juga mengatakan, dipastikan jumlah pemilih yang melakukan pencoblosan pada pemungutan suara ulang ini berkurang dibandingkan pada pemilu serentak 17 April lalu.

Ada kemungkinan, menurut Nanang, karena pencoblosan ulang ini berlangsung di hari kerja bukan hari libur.

| Pujiansyah | Lampung |

Berikut Liputannya:


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments