youtube channel

Channels

Pemprov DKI Jakarta Berencana Ganti Kendaraan Listrik

Pemprov DKI Jakarta Berencana Ganti Kendaraan Listrik

Pemprov DKI Jakarta Berencana Ganti Kendaraan Listrik

Pemprov DKI Jakarta berencana ganti kendaraan listrik. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan Pemprov DKI sangat mendukung Perpres mobil listrik yang telah diteken oleh Presiden Joko Widodo.

antvklik.com - - Anies mengaku Pemprov DKI berencana mengganti kendaraan milik Pemprov serta bus Transjakarta dengan mobil berbahan bakar listrik guna mendukung pelaksanaan Perpres.

Menurut Anies, Pemprov DKI Jakarta mendorong industri otomotif bergerak ke arah ramah lingkungan lantaran dapat mengurangi polusi udara Jakarta.

Selain itu moda transportasi massal bus Transjakarta juga akan diremajakan dengan menggunakan bus bertenaga listrik yang jauh lebih ramah lingkungan dibanding bus berbahan bakar minyak mau pun gas.

Dalam waktu dekat, Anies akan memanggil pihak industri motor dan mobil sehubungan dengan penyusunan roadmap atau peta jalan penggunaan mobil dan motor listrik di Jakarta.

Namun Anies mengungkapkan peralihan ke kendaraan listrik dilakukan jika harga bus atau kendaraan listrik sudah ekonomis. Saat ini harga kendaraan listrik mencapai tiga kali lipat lebih mahal dibanding kendaraan berbahan bakar fosil atau minyak.

Dengan keluarnya Perpres ini, Anies berharap para produsen otomotif bisa menurunkan harga jual kendaraan listrik, sehingga bisa dimasukkan kedalam e-katalog untuk pengadaan kendaraan Pemprov DKI.

Sebelumnya Gubernur DKI Anies Baswedan telah mengeluarkan Instruksi Gubernur No. 66 tentang Pengendalian Kualitas Udara di DKI Jakarta. Instruksi Gubernur itu mengatur pembatasan kendaraan berbahan bakar fosil yang berusia di atas sepuluh tahun.

Kendaraan berusia 10 tahun atau lebih akan dilarang berseliweran di jalanan Jakarta. Rencananya, untuk kendaraan umum akan mulai diberlakukan pada tahun 2020 sedangkan kendaraan pribadi akan diberlakukan mulai tahun 2025.

| Saiful Anwar | Jakarta |


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments