youtube channel

Channels

Pecah, Rekor Pria Bersepeda Tercepat Dunia, Kecepatannya Setara Mobil F1

Pecah, Rekor Pria Bersepeda Tercepat Dunia, Kecepatannya Setara Mobil F1

Pecah rekor pria bersepeda tercepat dunia

Berapa kecepatan maksimal yang pernah Anda raih saat bersepeda? Di Inggris pecah rekor pria bersepeda tercepat dunia. Kecepatannya setara mobil F1.

antvklik.com - - Adalah Neil Campbell (45) memecahkan rekor pria bersepeda tercepat dunia, Sabtu (17/8/2019). Pemecahan rekor ini ia lakukan di landasan pacu sebuah pangkalan udara di Yorkshire, Inggris.

Dengan sepeda modifikasi, Campbell melakukan pemecahan rekor dengan bantuan sebuah mobil Porsche. Awalnya sepeda ditarik mobil Porsche hingga mencapai kecepatan tertentu lalu dilepas.

Saat dilepas, Campbell mengayuh sendiri kecepatan sepedanya hingga berhasil mencapai 280 km/jam setara dengan kecepatan rata-rata mobil F1.
Hebatnya lagi, setelah kecepatan maksimal tercapai, Campbell mengembangkan parasut untuk mengurangi laju sepedanya, mirip pendaratan pesawat tempur.

Dengan kecepatan ini berarti Campbell memecahkan rekor pria tercepat bersepeda dunia yang sudah bertahan 24 tahun. Rekor sebelumnya dicetak oleh Fred Rompelberg dari Belanda dengan kecepatan 268 km/jam pada 1995.

Bagi Campbell, pemecahan rekor ini merupakan impian lamanya setelah meninggalkan pekerjaan sebagai arsitek. Ia juga menghabiskan banyak uang untuk membuat sepeda dan baju khusus.

Seperti beberapa bagian sepeda menggunakan teknologi printer 3 dimensi dan rantai yang terbuat dari karbon fiber. Total biaya yang dihabiskan mencapai 15.000 poundsterling atau sekira Rp256 juta.

Namun pencapaian ini ternyata belum cukup bagi Campbell lantaran baru memecahkan rekor pria tercepat bersepeda dunia. Rekor bersepeda tercepat dunia masih dipegang seorang wanita asal Amerika Serikat pada tahun lalu.

Adalah Denise Mueller Korenek yang memecahkan rekor dengan mencapai kecepatan 296 km/jam. Ia bersepeda di Bonneville Salt Flats di Utah Amerika Serikat.

Tempat itu memang dikenal sebagai ajang adu kecepatan berbagai kendaraan darat karena tempatnya yang sangat luas dan datar. Karena itu Campbell juga ingin memecahkan rekor di Utah. Targetnya agar dapat menembus kecepatan 321 km/jam.

Sumber: CNN


icon featured

Popular

icon featured

Comments