youtube channel

Channels

Paskibraka HUT Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia, Keberagaman Dalam Merah Putih

Paskibraka HUT Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia, Keberagaman Dalam Merah Putih

Presidne Jokowi, Ibu Negara Iriana, Kapolri dan Panglima TNI, berfoto bersama Paskibraka 2019, usai pelantikan di Istana Negara, Kamis (15/8/2019) lalu. (Foto: Humas Sekretariat Kabinet/Jay).

Pasukan Paskibraka yang bertugas pada Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, hari ini, akan bertugas dibagi dalam dua tim.

- Sebanyak 68 pelajar yang mewakili 34 provinsi di Indonesia telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada Kamis (15/8/2019) lalu.

antvklik.com - Seluruh anggota tersebut selanjutnya akan dibagi ke dalam dua tim yang bertugas pada upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Keterwakilan seluruh provinsi dalam keanggotaan Paskibraka Nasional tersebut, mencerminkan persatuan bangsa di tengah keberagaman yang memperkaya Indonesia. Meski datang dari latar belakang dan budaya yang mungkin berbeda, mereka tetap mengusung tujuan yang sama di bawah kibaran Merah Putih.

Seluruh anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ini telah melalui proses seleksi yang ketat, mulai dari tingkat kecamatan hingga provinsi, selanjutnya terpilih ke dalam anggota Paskibraka Nasional.

“Provinsi masing-masing menyelenggarakan seleksi dari tingkat kecamatan, kabupaten, atau wali kota baru ke provinsi. Mereka seluruhnya dibekali (kemampuan teknis) dari masing-masing posisi pada saat mereka melakukan kegiatan,” ujar Letkol Chb Amar, Koordinator Pelatih Paskibraka 2019.

Banyak pihak yang mungkin bertanya-tanya soal kapan tim yang bertugas dalam masing-masing upacara (pagi atau sore) ditentukan beserta para anggotanya. Amar menerangkan bahwa hal itu ditentukan pada saat-saat akhir menjelang Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Belum ada penetapan (sejak jauh hari). Semua orang kita anggap sama. Tanggal 17 pagi (baru akan) ditetapkan,” ucapnya.

Para anggota Paskibraka telah menjalani pelatihan dan dibekali sejumlah kemampuan sebelum menjalankan tugas. Pelatihan yang dijalani tersebut menjadikan seluruh anggota Paskibraka siap untuk ditempatkan dalam posisi manapun.

Maka, dapat dipastikan bahwa tim dan anggota manapun yang nantinya ditunjuk untuk bertugas memiliki mental yang tangguh dan kemahiran untuk dapat melaksanakan tugasnya di setiap perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

(Sumber: Sekretariat Presiden RI)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments