youtube channel

Channels

Oppo Kalahkan Samsung di Pasar Ponsel Pintar Indonesia, Ini Rahasianya

Oppo Kalahkan Samsung di Pasar Ponsel Pintar Indonesia, Ini Rahasianya

Pembeli sedang mencoba ponsel pintar (Foto: Viva.co.id)

Kabar mengejutkan datang dari produsen ponsel tanah air. Setelah sekian lama menguasai tahta pasar Indonesia, posisi Samsung dikalahkan Oppo di kuartal kedua 2019. Apa yang menjadi rahasia Oppo?

antvklik.com - - Perusahaan riset Canalyst yang fokus di produk-produk gadget mengeluarkan data terbaru tren penjualan ponsel. Dalam data itu, produsen ponsel merek Oppo untuk pertama kalinya memimpin dengan menguasai 26 persen pasar Indonesia.

Di peringkat kedua dan ketiga ditempati Samsung dan Xiaomi dengan masing-masing menguasai 24 dan 19 persen pasar. Pertumbuhan Oppo juga naik signifikan, yaitu mencapai 54 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Bandingkan dengan Samsung yang tumbuh hanya 10 persen atau Xiaomi yang justru turun 9 persen. Lalu apa rahasia Oppo bisa menguasai pasar Indonesia?

Matthew Xie, analis mobility dari Canalyst mengatakan, Oppo berhasil mengapalkan 2,93 juta unit ponsel di kuartal II ke Indonesia. Menurut Matthew, sukses besar Oppo disumbang dari dua faktor, yaitu memperluas penjualan offline, menambah kehadiran di daerah pelosok serta memikat basis pelanggannya yang lebih luas untuk membeli produk-produk Oppo.

“Disamping itu, Oppo juga agresif memberikan diskon dan penjualan kilat atau flash sale di kuartal kedua untuk meningkatkan penjualan mereka,” katanya.

Matthew juga membantah kemunculan Realme yang merupakan sub brand Oppo, memakan pangsa pasar Oppo sendiri.

“Realme sekarang sebenarnya adalah merek mandiri. Realme juga masih fokus di ponsel entry level, sementara Oppo memiliki produk lengkap di berbagai kelas. Di samping itu, Oppo dan Realme memiliki strategi pemasaran berbeda,” tegasnya.

Saat disinggung dengan turunnya peringkat Xiaomi, Matthew mengatakan, awalnya Xiaomi memang mampu menembus pasar Indonesia dengan harga kompetitif dan strategi online sentris. Namun kompetitor lain juga mengeluarkan ponsel murah dan berusaha keras di jalur online. Ini yang membuat strategi Xiaomi tidak unik lagi.

“Di samping itu, pertumbuhan Realme yang begitu pesat telah menekan besar (pasar) Xiaomi. Dan sekarang Realme berada di lima besar pasar ponsel (Indonesia).


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments