youtube channel

Channels

Murak Kadu Lebak 2019, Saat Pemerintah Menggembirakan Rakyatnya

Murak Kadu Lebak 2019, Saat Pemerintah Menggembirakan Rakyatnya

Murak Kadu Lebak 2019, Saat Pemerintah Menggembirakan Rakyatnya

antvklik.com - - Sejak Selasa pagi (15/1/2019) pegawai Pemkab Lebak telah bersiap menyambut para tamunya. Mereka menata ribuan butir durian alias kadu di halaman Pendopo Kabupaten Lebak di Rangkasbitung.

Kadu-kadu tersebut disusun bertumpuk, dari 10-20 butir tiap tumpukannya. Durian varietas lokal yang akan disuguhkan kepada rakyat tersebut didatangkan dari berbagai keccamatan sentra buah durian di Kabupaten Lebak.”Pokoknya datang, makan sampai kenyang tapi gak boleh dibawa pulang,”kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Ada 27 jenis durian lokal yang disediakan pemerintah bersama komunitas pecinta durian lebak dalam even Murak Kadu Lebak 2019. Antara lain durian jenis bungbulang, malam sirem, aseupan hejo, aseupan biasa, cadas, syahrini, keupel, sikunir, emas, dan jenis durian lain. Salah satu yang disiapkan adalah durian bungbulang. Ukuran durian tersebut bisa mencapai 12 kilogram. Namun, hari ini yang ditampilkan hanya lima hingga tujuh kilogram. Sedangkan durian dengan rasa yang paling nikmat, yakni jenis aseupan hejo dan asupan biasa.

Selain durian, pihaknya menyiapkan buah-buahan lain seperti manggis dan rambutan varietas unggul asal Lebak.
Murak Kadu, alias Belah Duren ini diadakan untuk menyambut dan memeriahkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lebak terpilih pada Pilkada 2018, Hj. Iti Octavia Jayabaya, SE, MM dan H. Ade Sumardi, SE.M.Si yang resmi dilantik di Pendopo Gubernur Banten, KP3 Banten, Selasa (15/1/2019) hari ini sekitar pukul 08.00 WIB. Sesuai jadwal, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lebak oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim.

Festival Murak Kadu (belah duren) disiapkan sebanyak 5.000 durian gratis sebagai bentuk rasa syukur atas pelantikan tersebut. Kegiatan belah durian ini akan disuguhkan untuk masyarakat Lebak dan Banten yang hobi buah durian.
Sejak siang hari, tak hanya warga Lebak, namun warga daerah sekitar Lebak dari Pandeglang, Serang bahkan Jakarta, berduyun-duyun datang ke Lebak. Jalan-jalan menuju alun-alun Rangkas, tempat Pendopo Kabupaten Lebak, yang menjadi tempat acara Murak Kadu Lebak 2019 dipenuhi warga. Jalanan pun macet.

Namun kegembiraan warga tak terhalang oleh macetnya jalan. Ribuan warga pun memenuhi halaman Pendopo. Sementara ratusan petugas melayani warga dengan gembira, mereka membantu warga murak kadu alias membelah duren.

Mungkin tak semua kebagian. Tapi sebagian besar mereka yang datang menikmati dan bergembira. Tak semua pelantikan Bupati disambut gembira warga. Namun kali ini Bupati Iti Octavia Jayabaya berhasil membuat kegembiraan di hari pelantikannya. Kota yang baik memang tak mesti semua ada. Di Rangkasbitung, pemerintah berhasil membuat warganya gembira. (MTH)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments