youtube channel

Channels

Menyambut Ramadhan di Surabaya dengan Membagikan Seribu Apem

Menyambut Ramadhan di Surabaya dengan Membagikan Seribu Apem

Menyambut Ramadhan di Surabaya dengan Membagikan Seribu Apem

antvklik.com - www.antvklik.com - Berbagai macam tradisi dilakukan oleh warga di berbagai daerah dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Nah, di Surabaya, Jawa Timur, untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Masjid Nasional Al Akbar, Surabaya menggelar acara berbagi seribu apem untuk para jamaah masjid dan warga sekitar. Pembagian kue apem sebagai simbol permintaan maaf saat menjalani ibadah puasa dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul.

“Apem ini merupakan simbol tradisi dimulainya Ramadhan, karena apem berasal dari bahasa Arab afwan atau minta maaf. Jadi sebelum puasa kita saling memaafkan,” kata Saifullah Yusuf (Gus Ipul) usai membuka Bazar Ramadhan di Masjid Al Akbar.

Menurut Gus Ipul, tradisi membagikan apem jelang Ramadhan sudah lama dilakukan di zaman para Sunan atau Wali Songo. “Apapun itu, yang jelas pembagian apem adalah simbol peduli kepada sesama dan simbol permohonan maaf,” kata Gus Ipul.

Bazar Ramadhan di MAS merupakan yang ke 12 kalinya setiap Ramadhan digelar. Kali ini bazar bekerjasama dengan PWNU Jawa Timur.

Ada 117 stand UMKM yang disediakan melingkar di sepanjang jalan depan Masjid AL Akbar. Selain itu juga ada 105 stand Kuliner yang ditempatkan di lahan parkir samping Kantor PWNU Jawa Timur.

Sebanyak 1438 kue apem dibentuk menyerupai gunungan di depan Masjid Nasional Al-Akbar, Surabaya. Dengan dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf bersama takmir masjid, kue apem yang menjadi perlambang datangnya bulan suci ramadhan dalam tradisi Jawa ini langsung dibagikan kepada para jamaah masjid dan warga sekitar.

Menurut Gus Ipul, selain sebagai penanda datangnya bulan suci ramadhan, dalam tradisi Jawa, kue apem ini juga merupakan simbol permintaan maaf setiap kali memasuki bulan suci Ramadhan.

Pembagian kue apem ini juga disambut antusias oleh warga dan jamaah masjid. Mereka terlihat sangat gembira karena telah memasuki bulan suci Ramadhan. Semnetara itu berbagai kegiatan kajian keagamaan juga digelar di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya selama bulan suci Ramdahan.

Laporan Syamsul Huda dari Surabaya, Jawa Timur.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments