youtube channel

Channels

Mendagri Tjahjo Kumolo Terdaftar Sebagai Pemilih Ganda 

Mendagri Tjahjo Kumolo Terdaftar Sebagai Pemilih Ganda 

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

antvklik.com - - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terdaftar sebagai pemilih ganda di dua wilayah, yakni Jakarta dan Semarang, Jawa Tengah, dalam pilkada serentak 2018. Tjahjo dan dua anggota keluarganya, yaitu istri dan anaknya Meskipun telah menjadi warga Jakarta dan ber-ktp DKI, ternyata masih terdaftar dalam DPT Pilgub Jateng. Tjahjo masih mendapatkan undangan C6 untuk melakukan pencoblosan di TPS 10 kelurahan Mlatibaru, Semarang.

Ingin memastikan surat suaranya dan anggota keluarganya agar tidak disalahgunakan, sambil memantau pelaksanaan pilkada, tjahjo kumolo mendatangi TPS 10, Mlatibaru. Mendagri langsung mengklarifikasi kepada petugas tps dan meminta petugas tps agar mencoret namanya dari DPT, serta menarik undangan C6.

Sementara itu, ketua Bawaslu RI, Abhan, mengatakan, kejadian ini akan disampaikan kepada KPU. menurutnya, KPU harus kembali melakukan validasi pemilih, sebab untuk pemilu 2019 harus digunakan data pemilih yang lebih valid. Abhan juga mengaku belum mendapatkan laporan tentang kasus yang sama. Namun dia juga mengharapkan pemilih agar proaktif jika mengalami hal sepeti ini.

Selain di TPS 10 kelurahan Mlatibaru, mendagri juga memantau 2 tps lagi di Semarang. Mendagri memantau TPS 06 kelurahan Jomblang dan TPS 01 kelurahan Sendangmulyo Semarang. Dari pantauan ini, Mendagri menyatakan bahwa tingkat partisipasi masyarakat sangat bagus.

”Soal nama saya masuk DPT tps tempat tinggal saya di Semarang, data DPT yg dipakai KPU data pileg 2014, NIK saya sudah pindah Jakarta dan saya ber-ktp JKT. KPU tidak pakai data DP4 Kemendagri yg diserahkan ke KPU padahal di aplikasi KPU data saya di TPS Semarang tempat tinggal saya yang lama. Untung saya dapat info dan saya proaktif datangi tps tersebut dengan ketua Bawaslu pusat ke TPS Semarang dan dicabut DPT-nya dan di pastikan tidak dipakai,” Jelasnya.

Dalam pilgub Jateng 2018, ada dua pasangan calon yang berkontestasi. petahana Ganjar Pranowo-Taj Yasin didukung PDIP, PPP, Demokrat, Nasdem dan Golkar. Sementara pesaingnya Sudirman Said maju di Pilgub Jateng 2018 bersama Ida Fauziah dan didukung Gerindra, PKB, PKS, serta PAN.

Laporan dari Didiet Cordiaz, Semarang, Jawa Tengah


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments