youtube channel

Channels

Memilih Hewan Kurban Yang Layak Jelang Hari Raya Idul Adha 2019

Memilih Hewan Kurban Yang Layak Jelang Hari Raya Idul Adha 2019

Pastikan hewan kurban yang akan dibeli sehat dan tidak cacat (ANTV/ Abdul Rohim)

Memilih hewan kurban tidak hanya sebatas untuk konsumsi saja, tapi juga bagaimana tata cara pelaksanaan ibadah kurban itu sendiri. Apa saja tipsnya?

newsplus.antvklik.com- Menjelang Hari Raya Idul Adha Minggu(11/8/2019), para penjual hewan kurban sudah terlihat ramai berjualan di pinggir jalan. Bagi anda yang akan berkurban, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja ciri-ciri hewan kurban yang layak.

antvklik.com - Kelayakan hewan kurban tidak hanya sebatas konsumsi saja, melainkan juga bagaimana tata cara melaksanakan ibadah kurban di Hari Raya Idul Adha. Dengan berkurban adalah salah satu pembuktian bahwa anda cinta kepada Allah, sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim ketika mengurbankan hewan kurban berupa seekor kambing.

Nah, untuk memilih hewan kurban yang akan dikurbankan sudah tentu tidak bisa sembarangan, karena harus hewan terbaik saja yang boleh dijadikan kurban. Untuk itu ada beberapa ketentuan dan tips dalam memilih hewan kurban.

Kriteria Memilih Hewan Kurban

Pertama: Untuk kurban di Hari Raya Idul Adha hanya diperbolehkan hewan ternak seperti sapi dan domba. Tidak diperbolehkan kita berkurban menggunakan ayam atau angsa. Jadi, hanya boleh hewan yang sudah ditentukan saja

Kedua: Hewan ternak yang akan dipilih tadi (semisal kambing) juga harus memenuhi ketentuan persyaratan umur. Untuk persyaratan umur setiap hewan tentu berbeda-beda, karena selain dari fisik juga kedewasaan dari hewan menjadi kriteria.

Berikut persyaratan umur minimal hewan ternak yang layak untuk kurban :

1. Domba dan kambing = 1 tahu

2. Kerbau dan sapi = 2 tahun

3. Unta = 5 tahun

Ketiga: Hewan yang akan dikurbankan harus sudah pernah ganti gigi seri bawah dan depan. Karena gigi susu itu runcing dan ukurannya kecil, sedangkan gigi setelah ganti akan berbentuk rata dan besar.

Keempat: Kesehatan hewan kurban juga harus bagus dan tidak ada tanda-tanda flu, demam, kudis, mata cekung, diare, nafsu makan kurang, dan terlihat lemas.

Kelima: Bentuk fisik hewan kurban terlihat bagus dan tidak cacat, normal, tidak pincang, mata tidak buta, telinga juga normal, ditambah tubuh yang gemuk.

Itulah cara memilih hewan kurban yang baik dan benar. Dengan anda menyiapkan hewan kurban terbaik maka akan tercatat amalan yang baik pula.

Karena tidak mungkin kita bersedekah atau memberikan sesuatu yang akan diberikan dalam kondisi yang tidak layak. Maka untuk ibadah kurban hendaknya carilah hewan yang baik dan bagus.

Semoga artikel tulisan cara memilih hewan kurban dapat bermanfaat bagi anda dalam mempersiapkan Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Sumber: Kambing Center Slawi


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments