youtube channel

Channels

Serunya Memacu Adrenalin Lomba Pacuan Kuda Tradisional

Serunya Memacu Adrenalin Lomba Pacuan Kuda Tradisional

Serunya Memacu Adrenalin Lomba Pacuan Kuda Tradisional

antvklik.com - - Berbagai cara dilakukan untuk melestarikan seni tradisional yang ada di daerah. Di Rembang, Jawa Tengah, panitia sedekah bumi menggelar lomba pacuan kuda tradisional yang diikuti oleh para joki dari berbagai desa. Tidak sembarang orang berani mengikuti lomba pacuan kuda tradisional ini karena selain tanpa perlengkapan pelindung tubuh, para joki harus piawai mengendalikan kudanya agar tidak menabrak penonton yang memadati pinggir lintasan lomba pacuan kuda.

Sapi-sapi yang hendak dijadikan lomba

Ratusan warga mulai anak kecil, bapak- bapak bahkan ibu-ibu, beramai-ramai memadati lapangan sepakbola Desa Karangsari, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, pagi tadi. Namun kedatangan mereka di lapangan olah raga ini tidak untuk menyaksikan pertandingan sepakbola, melainkan balap kuda yang memang digelar oleh pihak desa setempat untuk meramaikan acara sedekah bumi setiap tahunnya.

Acara balapan kuda tersebut memang sudah ditunggu-tunggu warga, setiap desa ini merayakan sedekah bumi. Tidak hanya warga sekitar, namun juga dari warga diluar Kecamatan Sulang yang sengaja datang untuk menyaksikan salah satu hiburan murah yang memang jarang sekali dijumpai.

Lomba balapan kuda ini diikuti oleh 12 peserta yang tidak hanya berasal dari warga Desa Karangsari, namun juga dari desa lain seperti Desa Ngadem dan Jeruk, Kecamatan Kaliori. Tidak sembarang orang berani mengikuti lomba pacuan kuda tradisional ini.

Pasalnya, selain tanpa perlengkapan pelindung tubuh, seperti helm, pelana dan sepatu, para joki harus piawai mengendalikan kudanya agar tidak menabrak penonton yang memadati pinggir lintasan lomba pacuan kuda.

Sebelum lomba dimulai, para pemilik kuda dan official tim
mempersiapkan kuda kuda mereka dengan memberikan jamu makanan, dan memijat tubuh kuda agar larinya kencang.Setelah dipanggil panitia melalui pengeras suara, para jokipun bersiap di atas kudanya masing- masing.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments