youtube channel

Channels

May Day, Ribuan Buruh Long March dari Patung Kuda ke Istana

May Day, Ribuan Buruh Long March dari Patung Kuda ke Istana

May Day, Ribuan Buruh Long March dari Patung Kuda ke Istana

antvklik.com - Puluhan ribu buruh dari berbagai bidang melakukan unjuk rasa dengan long march dari bundaran patung kuda menuju kawasan Istana Merdeka Jakarta, dalam rangka Hari Buruh atau May day yang jatuh pada Selasa 1 Mei 2018.

Ribuan buruh sudah berkumpul dan melakukan orasi di bundaran patung kuda Jalan Merdeka Barat, sejak jam 07. 00 pagi. Sekitar pukul 09.00 mereka melakukan longmarch menuju Istana Merdeka untuk berorasi menyuarakan hak-hak mereka di depan Istana dan menyampaikan mandat panca maklumat rakyat pekerja kepada Presiden Joko Widodo.

Tuntutan para buruh tersebut kepada pemerintahan Presiden Jokowi diantaranya adalah hapus sistem perjanjian kontrak kerja dengan sistem outsourching. Mencabut PP no. 78 tentang upah murah serta mengangkat guru dan honorer menjadi aparatur sipil Negara (ASN).

“Jadi kita disini mendorong Presiden Jokowi agar segera mengesahkan uu revisi ASN ditahun 2018 ini. Karna tenaga-tenaga non PNS ini yang bekerja di instansi pemerintah gajinya masih dibawah Upah Minimum Regional, “ ujar Ketua Kornas Perawat Honorer, Muhandu Irwan

Para buruh juga meminta adanya kepastian hukum, gaji yang jelas, jangan dibiarkan berlarut-larut. Harus ada jalan keluarnya dan Menpan harus serius dan mendorong agar UU ASN segera disahkan. Jadi tidak ada lagi tenaga kerja yang dibawah UMR. Laporan Sandy March dan Ahmad Djunaidi dari Jakarta.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments