youtube channel

Channels

Manfaat Ngopi Sehat Ala Dokter Cantik Bagi Kesehatan Anda

Manfaat Ngopi Sehat Ala Dokter Cantik Bagi Kesehatan Anda

Manfaat Ngopi Sehat Ala Dokter Cantik Bagi Kesehatan Anda (Foto: Istimewa)

antvklik.com - Minum kopi sudah menjadi bagian gaya hidup di setiap lapisan masyarakat. Menikmati kopi dari sajian rasa dan aroma, sambil bercengkrama bersama sahabat, pacar dan meeting dengan relasi bisnis. Ada juga penikmat kopi menjadikan minuman rutinitas setiap hari alias tidak ngopi kurang semangat dalam menjalani aktivitas.

Foto: Istimewa Foto: Istimewa

Tau kah anda, minum kopi berlebihan bisa berefek negatif bagi kesehatan, menurut beberapa jurnal kesehatan asupan kafein yang direkomendasikan adalah 400 mg atau 3 sampai 4 cangkir kopi hitam sehari. Namun minum kopi hitam sesuai dengan takaran, akan berdampak positif bagi kesehatan.

dr. Dewi Ema Anindia ( Foto: Fathul Bahri) dr. Dewi Ema Anindia ( Foto: Fathul Bahri)

Apa saja dampak positif atau manfaat minum kopi hitam bagi kesehatan menurut dokter cantik Dewi Ema Anindia, lulusan fakultas kedokteran Universitas Pelita Harapan adalah sebagai berikut :

1. Minum Kopi beberapa studi penelitian kalau dikonsumsi dalam batas yang wajar, satu cangkir kopi tiap hari dan diminum tanpa gula ternyata bisa mengurangi resiko penyakit stroke karena dapat membuat pembuluh darah melebar dan dapat mencegah pembekuan.

2. Kopi bisa bisa mengurangi penyakit gula atau Diabetes, jenis protein yang disebut sex hormone-binding globulin yang berfungsi untuk mengatur hormon jenis kelamin, ternyata berperan dalam mengendalikan diabetes tipe 2.

3. Kopi mengandung beberapa kandungan antioksidan dan mineral yang bagus untuk tubuh, antioksidan sendiri fungsinya untuk menghalangi racun agar tidak berinteraksi dalam tubuh kita. Jadi kopi disebutkan mengandung mineral seperti Kalium dan Magnesium selain itu juga beberapa kandungan antioksidan yang bisa membantu tubuh kita mengurangi radikal bebas.

4. Menurut beberapa penelitian minum kopi tiga sampai empat cangkir bisa mengurangi resiko penyakit kanker mulut dan tenggorokan.

5. Para peneliti mengatakan bahwa senyawa ditemukan dalam kopi dapat mencegah penumpukan plak. Kopi diminum 2,7 cangkir kopi perhari dapat memiliki efek neuroprotektif, yang bisa mengurangi resiko seseorang mengembangkan penyakit Alzheimer serta Parkinson.

Foto : Istimewa Foto : Istimewa

"Kopi sebaiknya dikonsumsi pada pagi hari, jangan malam hari karena akan membuat kita terjaga. Apabila ada aktivitas yang memerlukan konsentrasi seperti meeting dan presentasi, ada baiknya menyeruput secangkir kopi, kadar kafeinnya bisa meningkatkan fokus dan semangat dalam waktu pendek.
Bijaklah dalam mengkonsumsi kopi sehingga dapat bermanfaat bagi tubuh kita", pungkas dr. Dewi Ema Anindia.

Raffles Umboh | Jakarta


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments