youtube channel

Channels

Limbah Plastik Bukan Lagi Cuma Sampah

Limbah Plastik Bukan Lagi Cuma Sampah

Kerajinana dari limbah di pamerkan science camp 2019. (foto: mochammad Ridwan/ Madiun, Jawa Timur).

Siswa- siswi di Madiun, Jawa timur memanfaatkan limbah organik dan anorganik menjadi karya seni yang bernilai ekonomis.

antvklik.com - Sampah limbah plastik masih menjadi pekerjaan rumah untuk masyarakat Indonesia. Limbah plastik belum banyak dimanfaatkan di tanah air. Hingga limbah plastik hanya menumpuk menjadi sampah. Namun di Kabupaten Madiun, limbah plastik dimanfaatkan oleh ratusan siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai karya dan dipamerkan dalam gelaran Science Camp 2019.

Ratusan siswa-siswi di Kabupaten Madiun memamerkan hasil karya mereka dalam acara Science Camp 2019. Beberapa produk keterampilan karya tangan mereka dipajang.

Hasil keterampilan ini menggunakan bahan dasar limbah plastik maupun limbah organik. Bekas kemasan air mineral dikreasikan menjadi tas, rak minuman gelas, dan gantungan kunci. Selain itu, bekas limbah organik dari bambu kering dan pelepah pisang disulap menjadi sebuah miniatur.

Tidak hanya dipamerkan, karya dari masing-masing SMP di Kabupaten Madiun ini, diperlombakan dalam rangkaian acara Science Camp 2019.

Pratiwi, salah satu peserta pameran mengaku, mengolah limbah plastik sebagai langkah untuk mengurangi limbah plastik. "Sampah plastik yang tidak terpakai diolah lagi. Ada yang bikin tas, gantungan kunci dan lainnya. Pameran ini memberi ide untuk masyarakat agar mau berkarya memakai plastik bekas. Hingga sampah plastik bisa dimanfaatkan." ungkap Pertiwi.

Dalam acara kemah pembentukan karakter yang digelar selama 3 hari ini, tenda-tenda peserta juga dihias dengan bahan dasar limbah plastik. Acara ini diikuti sekitar 480 peserta dari 48 SMP.

Mochammad Ridwan | Madiun, Jawa Timur


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments