youtube channel

Channels

Laris Manis Unta Raja Salman

Laris Manis Unta Raja Salman

Laris Manis Unta Raja Salman

www.antvklik.com -Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud, akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia.Tak tanggung-tanggung, pemimpin Arab Saudi ini membawa rombongan dengan jumlah yang cukup besar, diantaranya 10 menteri dan 25 pangeran. Diharapkan Raja Salman dan rombongannya akan membelanjakan dinar-dinarnya di Indonesia, termasuk juga ke industri kecil menengah yang ada di Indonesia pada 1-9 Maret 2017.

Momen kunjungan raja minyak ini menjadi saat yang tepat bagi para perajin souvenir untuk memasarkan produknya. Salah satunya bagi perajin souvenir dari Kristal yang dibuat menjadi bentuk seekor unta. Souvenir unta yang dibuat ini diberi nama unta Raja Salman memang kini sedang laris manis. Souvenir ini dibuat secara handmade oleh Andi Rifiyansah, pria asal Sidoarjo, Jawa Timur. Kerajinan usaha kecil menengah ini sudah tembus hingga ke mancanegara dan memiliki omzet sekitar Rp 60 juta per bulan.

Kunjungan Raja Salman juga ramai dibicarakan di Sidoarjo, dan ini merupakan saat yang tepat bagi pasangan suami istri, Andi Rifiyansah dan Puji Astutik asal Desa Pagerwojo, Kecamatan Buduran, Sidoarjo ini untuk memasarkan produk unta kristalnya. Menggunakan bahan dasar kaca jenis borosilicate, kerajinan khas asal Sidoarjo ini bisa dibilang cukup murah. Mulai dari Rp 20 ribu hingga jutaan rupiah. Harga souvenir ini juga tergantung dari ukuran besar kecilnya dan lama proses pembuatannya. Nah dengan momen kunjungan Raja Salman ini, bisa mendongkrak penjualan souvenirnya.

“Nah, sekarang kami sedang membuat souvenir unta Raja Salman, pesanan dari salah satu perusahaan di Jawa Timur. Semoga Raja Salman dan rombongannya akan banyak membelanjakan dinar-dinarnya di Indonesia,dan juga akan membeli kerajinan souvenir yang kami buat,” ujar Puji Astutik, perajin souvenir unta Raja Salman.

Untuk unta Raja Salman dengan ukuran 15 centimeter dan tinggi 12 centimeter bisa dikerjakan oleh Andi hanya dalam waktu 30 menit, dengan bantuan semburan panas api hingga seribu derajat celcius. Panas api diperlukan untuk mencetak kaca batangan menjadi sebuah karya yang mempunyai nilai artistik dengan berbagai bentuk, termasuk bentuk unta.

Dengan dibantu dua karyawan bagian produksi dan dua karyawan wanita bagian pengepakan, bengkel seni netha art and craft ini bisa memproduksi 10-20 jenis souvenir, seperti kado ulang tahun, hiasan interior, patung, lambang kota, logo dan piala dalam waktu satu hari.

Kerajinan kaca karya Andi ini sudah menyebar hingga seluruh Indonesia, berkat rutinitas yang diikutinya dalam berbagai kegiatan promosi dan pameran. Selain itu, karyanya juga sudah mencapai pasaran di luar negeri. Demikian laporan Win Arrizal dari Sidoarjo, Jawa Timur.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments