youtube channel

Channels

Pesan Damai Sambut Ramadan: Kuat Karena Zakat

Pesan Damai Sambut Ramadan: Kuat Karena Zakat

Pesan Damai Sambut Ramadan: Kuat Karena Zakat

antvklik.com - Pesan damai menyambut bulan suci Ramadan disampaikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyusul sejumlah peristiwa teror di Tanah Air. Baznas menyatakan bahwa pesan damai ini bukan hanya ditujukan pada umat Islam semata. Pesan damai ini juga ditujukan untuk semua masyarakat Indonesia yang memiliki keragaman agama.

Sejumlah orang menyampaikan pesan damai menyambut datangnya Ramadan di kawasan Monas, Jakarta.

“Pesan ini untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kedamaian tidak hanya cukup diserukan pada satu kelompok tapi harus pada semua kelompok. Sehingga kita dapat hidup bertetangga lebih baik, antarsesama agama, antarsesama umat, dan sebagai anak bangsa. Memaafkan mereka yang perlu dimaafkan. Mengadili mereka yang perlu diadili. Sehingga kita bisa memasuki Ramadan dengan hati yang lapang dan lebih baik,” kata Deputi Baznas, Arifin Purwakananta, saat Pawai #KuatkarenaZakat di Silang Monas, Jakarta, Selasa (15/5).

Deputi Baznas, Arifin Purwakananta, juga berharap bulan Ramadan akan menjadi momen untuk melupakan segala kekejian yang sudah terjadi menyusul sejumlah peristiwa teror di Tanah Air.

Baznas sendiri memberikan bantuan tanpa memandang agama. Salah satunya adalah membantu keluarga korban, termasuk trauma healing. Selain itu, bantuan bagi sekolah untuk mencegah dari paparan paham kekerasan.

Sementara itu dalam orasinya, Arifin juga menyebutkan energi Ramadan akan melahirkan semangat baru dan menyambung putusnya persaudaraan. Ramadan juga menumbuhkan semangat cinta kasih dan kepedulian pada sesama, berzakat serta membantu yang lemah.

“Mengamalkan zakat dalam kehidupan sehari-hari berarti juga mengokohkan kemanusiaan dan menguatkan peradaban. Saya percaya kita akan kuat karena kerendahan hati untuk saling berbagi dan menolong. Kuat karena zakat.”

Selama Ramadan nanti, Baznas merencanakan berbagai program dengan target penerima manfaat sebanyak 57 ribu jiwa dengan dana zakat sebesar Rp 22 miliar. Sedangkan untuk penghimpunan zakat, Baznas menargetkan dapat menghimpun dana zakat sebesar Rp54 miliar dari target Rp200 miliar selama 2018.

Untuk Baznas se-Indonesia, target penghimpunan pada Ramadan ini sebesar Rp3 triliun dari Rp8 triliun penghimpunan selama setahun.

Untuk program penyaluran, Baznas telah menyiapkan berbagai program dia antaranya paket Ramadan Bahagia, Hidangan Berkah Ramadan, Masjid Cemerlang, dan Buka Puasa dengan ribuan anak yatim.

“Target penyaluran zakat pada Ramadan tahun ini di Baznas Pusat mencapai Rp22 miliar untuk 57 ribu mustahik yang akan menerima manfaatnya.”

Sementara itu, pada Ramadan ini, Baznas menambah kemudahan berzakat melalui e-commerce serta dengan memanfaatkan fasilitas teknologi finansial.

“Baznas ingin semakin mendekatkan diri kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan terbaik. Kebiasaan masyarakat menggunakan teknologi digital membuat Baznas memilih layanan berbasis digital.”

Laporan Shandi March dan Agam Wifta Renal dari Jakarta.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments