youtube channel

Channels

KNPI Kritisi Penyaluran Dana Kepemudaan dan Revitalisasi Sarana Olahraga

KNPI Kritisi Penyaluran Dana Kepemudaan dan Revitalisasi Sarana Olahraga

KNPI Kritisi Penyaluran Dana Kepemudaan dan Revitalisasi Sarana Olahraga

antvklik.com - www.antvklik.com- Penyaluran dana kepemudaan dan dana hibah revitalisasi sarana olahraga dinilai salah sasaran. KNPI menanggap dana kepemudaan ini sebagian disalurkan kepada organisasi yang dekat dan berafiliasi dengan pejabat di lingkungan Kemenpora. " KPK dan BPK diminta melaku­kan audit menyeluruh dan terbuka atas indikasi bocornya dana kepemudaan dan dana hibah revitalisasi fasili­tasi sarana prasarana olahraga di Kementerian Pemuda dan Olahraga," kata Sekjen DPP KNPI Fadhly Alimin. "Ada laporan dari rekan-rekan organisasi kepemudaan, ban­yak dana hibah kepemudaan dan revitalisasi sarana olahraga yang salah sasaran," ujarnya.

Menurut Sekjen KNPI, dana kepemudaan harus diberikan kepada organisasi kepemudaan nasional yang mempunyai struktural tingkat pusat hingga daerah. Kemudian mempunyai kelengkapan administrasi sesuai aturan yang berlaku. "Tapi informasi yang kami dapat di lapangan, banyak anggaran yang diberikan ke­pada ormas, yayasan, lembaga swadaya masyarakat (LSM) tertentu yang dianggap dekat dengan oknum petinggi di kementerian ini," ungkapnya.

Sementara kata Fadhly, dana revitalisasi sarana dan prasarana olahraga di daerah-daerah yang salah sasaran dan terkesan asal-asalan. Ada juga indikasi pekerjaan fiktif. "Kalau laporan ini benar, berarti kemenegpora diduga melakukan pelanggaran dan penyalahgunaan kewenangan. KPK dan BPK kami minta audit menyeluruh dana tersebut secepatnya."

Untuk diketahui, dikutip dari lama resmi http://kemenpora.go.id, sejak 2015 Kemenpora telah menggulirkan Program Dana Bantuan Pemerintah Untuk Pembangunan dan/atau Rehabilitasi Lapangan Olahraga Desa atau yang lebih popular dikenal dengan nama program 1 desa 1 lapangan.

Program yang pertama kali digagas oleh Menpora Imam Nahrawi (karena belum per­nah terjadi sebelumnya) ini merupakan penjabaran kebi­jakan pemerintah berdasar­kan 9 agenda prioritas Nawa Cita khususnya butir ketiga "membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan".

Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan peran serta dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di bidang Keolahragaan, meningkatkan prasarana dan sarana olahraga yang layak dan memenuhi stan­dar dan mengembangkan minat, bakat dan potensi olahraga di daerah khususnya di tingkat desa. Diharapkan dengan dana hibah ini setiap desa memiliki fasilitas olahraga yang memadai


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments