youtube channel

Channels

Klenteng Sanggar Agung, Tempat Penampakan Dewi Kwan Im

Klenteng Sanggar Agung, Tempat Penampakan Dewi Kwan Im

Dewi Kwam Im menjaga klenteng Sanggar Agung (Foto: Diana Kharisma Putri)

Di Pantai Ria, Kenjeran, Surabaya ada klenteng Sanggar Agung. Klenteng Sanggar Agung ini dijaga Dewi Kwan Im, seorang dewi yang menyebarkan welas asih.

- Kalau jalan-jalan ke Pantai Ria Kenjeran kita akan menjumpai bangunan klenteng unik yang dibangun 15 tahun lalu, klenteng Sanggar Agung namanya. Banyak keunikan yang menjadi daya tarik klenteng ini.

antvklik.com - Klenteng ini punya patung Dewi Kwan Im, dewi welas asih. Ikonik ini menghadap ke laut. Dibuatnya patung ini, konon karena seorang penjaga kelenteng melihat wujud wanita berjubah putih berjalan di atas permukaan laut. Saat itu petang hari ketika ia hendak menutup kelenteng.

Kelenteng Sanggar Agung atau Kelenteng Hong Tang Sang, berdiri menghadap laut, memiliki luas bangunan 4.000 meter persegi. Kelenteng ini justru tak banyak memamerkan arsitektur a la Tiongkok.

Patung Dewi Kwan Im dibangun di kawasan klenteng. Tingginya 20 meter yang tentu saja memikat para wisatawan selain punya filosofi religius.

Saat memasuki gerbang, kita akan disambut Sang Dewi Kwan Im, patung naga meliuk dan dua patung Sha Nan dan Tong Nu. Kalau menyusuri semakin dalam, kesan campuran arsitektur ala Bali dan Jawa malah terasa kuat di sana. Selain patung Dewi Kwan Im, stupa Maha Brahma juga dipamerkan di area kelenteng.

Biasanya sebuah klenteng berada di tengah hiruk pikuk kota, namun klenteng ini beda. Sajian alam Pantai Ria Kenjeran dan hutan bakau menjadi bonus panorama alam nan indah kepunyaan Surabaya Timur.

Diana Kharisma Putri | Surabaya, Jawa Timur


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments