youtube channel

Channels

Ketika Jurnalis Menjadi Tagana

Ketika Jurnalis Menjadi Tagana

Ketika Jurnalis Menjadi Tagana

www.antvklik.com- Menjadi jurnalis dan melakukan peliputan di daerah yang tertimpa bencana, menjadi suatu tantangan sendiri, di saat seorang jurnalis dituntut mencari berita, namun di depan mata ada korban bencana yang butuh pertolongan. Belum lama ini, Kementerian Sosial mengajak sekitar 30 orang jurnalis dari berbagai media cetak dan elektronik untuk mengikuti pelatihan penanganan korban bencana,dan didaulat menjadi sahabat Tagana atau Taruna Siaga Bencana.

Di Pulau Pramuka,Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, kami para jurnalis dan ratusan taruna siaga bencana perwakilan dari seluruh daerah di Indonesia,berkumpul untuk mengikuti pelatihan penanganan korban bencana, dan sekaligus memperingati Hari lahir tagana ke-13 yang jatuh pada tanggal 24 Maret 2017.

Mungkin sebagian publik kurang familiar dengan Tagana. Tagana adalah relawan dari masyarakat yang memiliki kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana bidang bantuan sosial, yang dibentuk oleh Kementerian Sosial sejak tahun 2004.

Selama pelatihan di Pulau Pramuka, kami diberikan tehnik tehnik dasar pertolongan pertama pada korban bencana, seperti cara memompa dada korban tenggelam, memberi nafas bantuan hingga tehnik mengangkat tubuh korban yang baik.

Yang menarik adalah di saat kami diajak ke tengah laut dengan menggunakan perahu karet, dan harus mendayung menuju sasaran korban. Ternyata mendayung perahu tidak semudah yang dilihat. Sering kali perahu kehilangan arah, karena tehnik mendayung yang kurang tepat dan tidak kompak.

Paling menegangkan disaat saya yang tidak bisa berenang harus berani menceburkan diri di tengah laut, untuk simulasi pengevakuasian korban tenggelam dilaut. Meskipun relatif aman, karena menggunakan pelampung, namun rasa takut itu tetap tidak bisa enyah dari pikiran saya. Ternyata untuk mengevakuasi korban di laut, perlu tehnik yang tepat ,bila tidak, relawan yang berniat menolong bisa ikut jadi korban.

Lelah mengikuti pelatihan penanganan bencana terobati dengan menikmati indahnya sunset dan juga kehidupan para nelayan di pulau pramuka. Akses yang relatif mudah dijangkau, Pulau Pramuka dapat menjadi pilihan berwisata, terutama bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Dengan menempuh perjalanan sekitar setengah jam menggunakan kapal motor dari muara angke, Jakarta Utara, anda sudah dapat menikmati keindahan Pulau Pramuka.

Pulau Pramuka adalah salah satu pulau yang berada dalam gugusan Kepulauan Seribu, pulau ini merupakan pusat pemerintahan dan administrasi Kabupaten administratif Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka banyak terlaksana kegiatan-kegiatan konservasi, diantaranya adalah konservasi terumbu karang dan pohon mangrove yang diterapkan oleh pemerintahan kepulauan seribu. Pulau Pramuka Kepulauan Seribu juga terdapat sarana pelestarian Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) yang saat ini jumlahnya sudah sedikit sehingga dilindungi.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments