youtube channel

Channels

Kerajinan Tangan Eceng Gondok Bisa Hasilkan Jutaan Rupiah

Kerajinan Tangan Eceng Gondok Bisa Hasilkan Jutaan Rupiah

Kerajinan Tangan Eceng Gondok Bisa Hasilkan Jutaan Rupiah

antvklik.com - www.antvklik.com - Eceng gondok yang memiliki nama latinnya eichhornia crassipes adalah salah satu jenis tumbuhan air mengapung. Selama ini eceng gondok tak banyak dimanfaatkan warga, namun di tangan para ibu di Desa Kubu, Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat, tanamam yang dianggap menjadi sumber masalah banjir ini bisa disulap menjadi berbagai kerajinan tangan unik. Kerajinan tangan dari eceng gondok ini berupa tas, sandal cantik dan barang-barang lainnya yang tak kalah menarik. Eceng gondok yang memiliki serat yang kuat ini tak mudah rusak, sehingga bisa dipakai sebagai bahan untuk membuat berbagai kerajinan ini.

Eceng Gondok 3

Sebelumnya para ibu di Desa Kubu, Aceh ini belum mengetahui cara memanfaatkan eceng gondok yang dianggap biang penyebab banjir ini. Berkat pelatihan yang diberikan oleh para mahasiswa yang melaksanakan tugas mulianya dalam program kuliah pengabdian masyarakat, kini warga bisa memanfaatkan eceng gondok menjadi sumber penghasilan baru warga di wilayah yang kerap dilanda banjir ini.

Proses pengolahan eceng gondok ini sederhana saja, asal ada kemauan dari warga. Para ibu di Desa Kubu cukup mengambil eceng gondok yang ada di bantaran sungai, lalu menjemurnya, setelah kering barulah dianyam menurut keinginan masing-masing untuk dijadikan berbagai kerajinan atau menurut pesanan konsumen.

Eceng Gondok 1

Tas yang dibuat dengan menggunakan bahan dari tumbuhan eceng gondok ini banyak diminati oleh sebagian besar warga Aceh Barat. Selain harganya yang murah Rp.30.000 , kerajinan ini juga ramah lingkungan.

Katijah , perajin tas eceng gondok mengatakan baru mengetahui, kalau tanaman eceng gondok yang selama dibuang begitu saja, ternyata bisa dijadikan berbagai kerajinan.

“Kami bisa membuat kerajinan eceng gondok ini dari mahasiswa yang sedang melakukan kuliah pengabdian masyarakat. Warga diajarkan cara memanfaatkan eceng gondok ini hingga menjadi berbagai kerajinan, “ ujar Katijah, salah satu perajin tas eceng gondok.

Kini di tangan para ibu ini, tanaman eceng gondok yang dianggap menjadi sumber masalah banjir, telah menjadi tanaman yang sumber pendapatan baru bagi warga. Pemerintah setempatpun bisa mengurangi anggaran untuk membersihkan eceng gondok ini.

Demikian laporan Chaidir Azhar dari Kabupaten Aceh Barat.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments