youtube channel

Channels

Tentukan 1 Ramadan, Sore Ini Kementrian Agama Gelar Sidang Isbat

Tentukan 1 Ramadan, Sore Ini Kementrian Agama Gelar Sidang Isbat

Tentukan 1 Ramadan, Sore Ini Kementrian Agama Gelar Sidang Isbat

antvklik.com - - Kementrian Agama nanti sore akan menggelar sidang Isbat untuk menetapkan awal puasa atau 1 Ramadan 1438 Hijriah. Keputusan awal Ramadhan ini akan diumumkan nanti malam, setelah sidang Isbat dan mendengarkan laporan hilal pada 77 titik di seluruh Indonesia. ANTV akan menyiarkan secara langsung pengumuman hasil sidang Isbat ini diantara siaran program Pesbukers nanti sore.

Menurut Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais) Kementerian Agama, M Thambrin dikutip dari kemenag.go.id, sidang Isbat akan digelar di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Nomor 6 Jakarta, sore nanti sekitar pukul 17.00 WIB. Sidang isbat akan dihadiri pimpinan ormas Islam, Ketua MUI, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari 22 negara-negara sahabat, dan sejumlah tokoh Islam.

Sidang diawali dengan sesi pra sidang berupa pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1438H oleh anggota tim hisab rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 WIB.”Dalam menentukan awal puasa tahun ini, Kemenag akan memantau hilal pada 77 titik di seluruh Indonesia," katanya.

Setelah salat Magrib berjemaah, dilanjutkan sidang Isbat dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dilanjutkan dengan laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais). Selanjutnya, hasil sidang isbat akan disampaikan kepada masyarakat melalui konferensi pers.

Sementara itu sejumlah peneliti di Boscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat siang , mulai melakukan pengamatan,dengan memasang dan memeriksa sejumlah alat teropong. “Diharapkan tidak mengalami hambatan dalam menentukan posisi konjungsi bulan,untuk menetapkan hari pertama bulan puasa tahun ini,”kata Dr Masena Putra,Kepala Boscha Lembang.

Untuk pengamatan hilal awal bulan puasa di Boscha,telah dilakukan sejumlah peneliti dan mahasiswa astronomi ITB, dengan memasang dua teropong bintang di areal halaman Boscha,yang kesemuanya di sambung melalui tranmisi,hal ini dilakuan untuk memudahkan penelitian,serta warga dapat mengamatinya.

Dalam menentukan awal puasa dan pengamatan hilal bulan puasa tahun ini, di Indonesia menggunakan sistem hishaf dan ruhiat, dan awal bulan islam harus di dahului,konjungsi atau kedudukan bulan berada sama dengan matahari.

Demikian Laporan Endra Kusumah dari Bandung


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments