youtube channel

Channels

Kampung CCTV di Surabaya, Amankan Kampung Dari Upaya Kejahatan

Kampung CCTV di Surabaya, Amankan Kampung Dari Upaya Kejahatan

Kampung CCTV di Surabaya, Amankan Kampung Dari Upaya Kejahatan

antvklik.com - -Beragam cara dilakukan untuk menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal. Salah satunya adalah inovasi yang dilakukan oleh warga di RW 08 Kelurahan Rungkut Tengah, Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya. Mereka memasang puluhan Closed Circuit Television atau (CCTV). Sehingga bisa dikatakan sebagai kampung CCTV.

Saat ini RW 08 memiliki total 60 unit CCTV yang tersebar, di setiap sudut perumahan. Menurut Ide Bagus Cimpena, selaku pengurus RW 08, untuk pengadaan CCTV ini, menghabiskan dana kurang lebih Rp 45 juta. Dimana dana tersebut berasal dari dana swadaya kas tiap-tiap RT.

CCTV yang Terpasang di Perumahan

Berkat kerjasama dan partisipasi dari warga, hampir setiap sudut perumahan sudah terpasang CCTV, sehingga segala aktivitas warga dapat dipantau dari layar monitor yang ada di pos kamling tempat berkumpulnya warga.

Ide Bagus mengungkapkan, “CCTV dan seluruh perangkat pendukungnya dibeli dari dana swadaya masyarakat. “Pasalnya mereka sudah paham akan rasa aman adalah bagian dari kenyamanan. Warga pun tak keberatan saat urunan membeli dan memasang perangkat CCTV ini,” Ujar Ide Bagus.

Layar Monitor Hasil Pantauan CCTV

Sementara itu, Kapolsek Rungkut Kompol Esti Setija Oetami, mengatakan berkat adanya CCTV ini, seluruh kegiatan dan pergerakan di wilayah RT 09/RW 08 Kelurahan Rungkut Tengah Kecamatan Gunung Anyar, sudah bisa terpantau oleh CCTV. Hal ini sangat mendukung tugas polri di bidang pengungkapan dilakukan demi menciptakan rasa aman dan nyaman bagi seluruh warga di kawasan perumahan ini.

Namun demikian walaupun ada CCTV mohon petugas keamanan tetap selektif prioritas terhadap tamu yang bukan warganya. Dan hubungi kepolisian apabila ada yang mencurigakan. Segera hubungi Polsek Rungkut karena tidak menutup kemungkinan pelaku menggunakan nomor polisi kendaraan palsu sehingga tetap waspada walaupun ada CCTV.

Laporan Sandi Irwanto dari Surabaya Jawa Timur.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments