youtube channel

Channels

Kakek Penjual Uang Palsu Ditangkap

Kakek Penjual Uang Palsu Ditangkap

Kakek Penjual Uang Palsu Ditangkap

www.antvklik.com - Dengan dalih terbentur kebutuhan hidup yang semakin tinggi, seorang kakek di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah nekat menjual dan mengedarkan uang palsu pecahan Rp100 ribu.

antvklik.com - Parijo, seorang kakek berusia 72 tahun, warga Salatiga, Jawa Tengah ditangkap oleh aparat kepolisian reserse Polres Semarang, setelah kedapatan menjual dan mengedarkan uang palsu pecahan Rp 100 ribuan di wilayah Kabupaten Semarang.

Uang palsu yang diedarkan oleh pelaku ini merupakan uang palsu Rp100 ribuan cetakan lama. Meski uang palsu ini sangat mirip dengan uang asli, namun ketika diraba dan diterawang uang palsu ini akan ketahuan kerena memiliki jenis kertas yang berbeda dengan uang asli.

Parijo mengaku mendapatkan uang palsu ini dari seseorang di Salatiga, Jawa Tengah. Uang palsu ini ia beli dengan perbandingan satu banding tiga, yaitu satu lembar uang Rp100 ribu asli ditukar dengan tiga lembar uang Rp 100 ribu palsu. Selama ini sang kakek mengaku telah menyebarkan uang palsu tersebut untuk membeli berbagai keperluan di beberapa warung.

Penangkapan pelaku oleh polisi bermula dari laporan warga tentang maraknya peredaran uang palsu. Menanggapi laporan masyarakat ini, polisi pun melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku beserta barang bukti berupa uang palsu.

“Dari penangkapan pelaku, polisi menyita 362 lembar uang palsu yang belum sempat diedarkan oleh pelaku. Sedangkan uang palsu yang telah beredar dari tangan pelaku diperkiraan berjumlah jutaan rupiah, “ kata Kapolres Semarang, AKBP Thirdy Hadmiarso. Akibat perbuatannya pelaku dijerat pasal 36 ayat 2 dan 3 Undang- Undang RI nomor 7 tahun 2011 tentang menyimpan dan mengedarkan uang palsu, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments