youtube channel

Channels

Jokowi Soal Karhutla: Pemerintah Sudah Lakukan Segala Upaya

Jokowi Soal Karhutla: Pemerintah Sudah Lakukan Segala Upaya

Jokowi pimpin rapat soal kebakaran hutan dan lahan di Riau (Foto: Vivanews.com)

Presiden Joko Widodo melihat langsung bagaimana penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau sejak kemarin. Menurut Jokowi, pemerintah sudah lakukan segala upaya untuk atasi karhutla.

antvklik.com - Sebelum berangkat menuju lokasi kebakaran hutan di Riau, Selasa (17/9/2019) Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah sudah lakukan segala upaya untuk atasi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

Menurut Jokowi, ia sudah memerintahkan penambahan pasukan untuk mengatasi karhutla. Saat ini total 5.600 pasukan yang dikerahkan untuk mengatasi karhutla.

Selain doa yang sudah dipanjatkan kata Jokowi, upaya lain yang dilakukan pemerintah adalah mengerahkan 52 pesawat untuk pemboman air atau water bombing. Pemerintah juga mengerahkan pesawat untuk membuat hujan buatan. Namun diakui Jokowi memadamkan karhutla tidaklah mudah.

Karena itu Jokowi menegaskan, yang paling terpenting dari kejadian ini adalah pencegahan.

"Tapi memang yang paling benar pencegahan. Api satu langsung dipadamkam. Kita berhadapan dengan hutan yang luas. Artinya banyak seperti ini memang tidak mudah. Saya mengajak seluruh rakyat untuk tidak bakar lahan, baik hutan maupun lahan gambut," kata Jokowi.

Ditambahkan Jokowi, upaya hukum juga sudah dilakukan, baik terhadap perorangan maupun korporasi. "Semuanya sudah ada tindakan tegas ke sana," tutup Jokowi

Sumber: Antara


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments