youtube channel

Channels

Jemaah Indonesia: Pelayanan Haji Tahun Ini Luar Biasa

Jemaah Indonesia: Pelayanan Haji Tahun Ini Luar Biasa

Jemaah Indonesia: Pelayanan Haji Tahun Ini Luar Biasa.

antvklik.com - - “Terima kasih, Pemerintah!” Demikian kalimat yang terucap dari bibir Jarman, jemaah haji asal Bojonegoro, Jawa Timur.

Pria berusia 57 tahun yang tergabung dalam kloter SUB-040 itu meluapkan kebahagiaannya bisa beribadah haji karena dia merasa dilayani panitia haji dengan baik, di luar ekspekstasinya.

“Alhamdulillah, saya mantap sekali dengan ibadah haji yang sudah dilakukan. Semua rukun dan wajib haji saya jalani semuanya dengan baik,” ucapnya.

Padahal, sebelum berangkat ke Tanah Suci, Jarman mengaku mempunyai kekhawatiran dan bayangan yang tidak enak saat puncak haji. Ternyata itu berbeda jauh dengan kenyataan yang dialaminya saat berhaji.

“Tidak seperti cerita kakak saya yang pernah naik haji dulu,” ujarnya.

Menurut Jarman, kakaknya bercerita jika saat di Arafah, Muzdalifah dan Mina untuk buang air kecil saja harus antri sepanjang 1 km.

“Alhamdulillah, kenyataannya tidak. Paling lama antri sepuluh menit kemarin,” katanya.

Jarman menambahkan, cerita seram kakaknya tidak hanya itu.

“Katanya lagi kalau mau naik pesawat haji harus bawa bekal, nanti kelaparan. Hahaha, di atas pesawat ternyata malah dikasih makan 2 kali, belum lagi snack-nya,” tuturnya.

“Alhamdulillah transportasi bus juga gampang kalau mau ke Masjidil Haram. Kemarin saat ada kesempatan saya puas-puaskan menjelajah kota Mekah, ganti-ganti naik bus salawat mulai rute 1 sampai 12. Belum lagi hotel juga sangat bagus,” kata Jarman.

Hal senada juga dilontarkan sejumlah jemaah haji Indonesia lainnya. Mereka mengaku puas dengan layanan haji tahun ini. Mustaqim dan Emi Muskaroh, jemaah asal Yogyakarta mengaku layanan pemerintah memuaskan.

Makanan, transportasi dan akomodasi dinilai keduanya tidak ada masalah sama sekali. Sedangkan Umi, seorang jemaah Surabaya, mengaku layanan pemerintah dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan.

“Saya tiap tahun membawa jemaah berhaji. Saya puas karena layanan pemerintah tiap tahun makin bagus,” kata Umi.

Laporan Ihsan Salam dari Arab Saudi


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments