youtube channel

Channels

Jelang Arus Mudik Lebaran, Tol Trans Sumatera Dikebut

Jelang Arus Mudik Lebaran, Tol Trans Sumatera Dikebut

Jelang Arus Mudik Lebaran, Tol Trans Sumatera Dikebut

antvklik.com - www.antvklik.com- Jelang arus mudik lebaran tahun ini pengerjaan jalan tol trans Sumatera, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, terus dikebut. Diharapkan pembangunan titik nol jalan tol trans Sumatera ditargetkan selesai pengerjaannya sebelum lebaran tiba. Meski demikian jalan tol trans Sumatera ruas Lampung ini belum seluruhnya dapat dilalui kendaraaan.

Sebagian ruas jalan jalan tol trans Sumatera masih dalam kondisi belum di lakukan pengecoran (rigid). bahkan terlihat alat berat masih melakukan pemadatan ruas jalan. Sementara pembatas jalan yang memisahkan antara jalur masuk dan keluar jalan tol trans Sumatera dari pelabuhan juga masih belum terpasang.

Rencana pemerintah yang akan memfungsikan jalan tol trans Sumatera sebagai jalur alternatif bagi para pemudik nanti, masih terkendala. Beberapa ruas jalan belum selesai pengerjaanya. Salah satu kendalanya adalah gunung batu yang berada titik satu kilo meter dari pelabuhan bakauheni belum dapat ditembus.

Gunung batu tersebut memang medan yang paling berat untuk di tembus di sepanjang jalur Bakauheni-Kalinda, Lampung Selatan.

Sementara itu polisi mengantisipasi kemacetan lalu-lintas pada arus balik di jalan tol kilometer nol ini dengan menyiapkan kantung parkir. Menurut AKP Mobiarto Banu Kristanto, Kasatlantas Polres Lampung Selatan, kemacetan kendaraan bisa saja terjadi pada arus baliknya nanti khusunya di pintu masuk Pelabuhan Bakauheni. Pasalnya terjadi penyempitan kantong parkir yang berada di gerbang tol, akibat ruas jalan tol yang bermuara di gerbang tol pelabuhan, “Berdasarkan pengamatan di lapangan di hari-hari biasa saja sering terjadi kemacetan kendaraan di pintu gerbang tol,”katanya.

Palembang-Indralaya

Sementara itu jalan tol trans Sumatera ruas Palembang- Indralaya (Palindra) yang pengerjaannya sudah mencapai enam puluh lima persen, kini siap akan diuji- coba di dua arah menjelang lebaran nanti. Sepanjang jalan tol trans Sumatera terlihat jelas sebagian sudah selesai di kerjakan dan siap dilalui.

Menurut Hasan Narcahyo Pimpro Jalan Tol Palindra, jalan tol ruas Palindra akan digunakan sepanjang sembilan kilo meter, “Ini akan difungsikan pada arus mudik lebaran di H min 10 lebaran dari Palembang ke Indralaya,”katanya.

Pengerjaan jalan tol Palembang- Indralaya ini dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa tahun yang lalu, dan ditargetkan selesai 2018. Saat ini baru sekitar 60 persen selesai.

Dari Lampung dan Ogan Ilir Sumatera Selatan Pujiansyah dan Syamsul Rizal melaporkan


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments