youtube channel

Channels

Ahmad Dhani Dituntut Hukuman 1,6 Tahun Penjara

Ahmad Dhani Dituntut Hukuman 1,6 Tahun Penjara

Ahmad Dhani, terdakwa.

Ahmad Dhani Prasetyo, pentolan Dewa 19 Band, kembali menjalani persidangan kasus pencemaran nama baik di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur.

antvklik.com - - Ahmad Dhani Prasetyo keluar dari Rumah Tahanan (Rutan) Medaeng Sekitar Pukul 14.00 WIB, Selasa (23/4/2019) untuk menuju ke Pengadilan Negeri Surabaya..

Ahmad Dhani akan menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Surabaya atas kasus pencemaran nama baik yang dilakukan dirinya.

Dhani dikawal ketat oleh sejumlah petugas gabungan dari Polda Jawa Timur dan Kejaksaan Negeri Surabaya.

Saat menuju ke mobil tahanan, Dhani menyampaikan kepada para wartawan tentang kesiapan dirinya dalam persidangan hari kali ini.

Selain itu, Dhani juga menyampaikan pesan politik agar Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi tetap mengawasi KPU pasca pencoblosan Pemilu 17 April 2019 lalu.

“Saya berpesan kepada BPN supaya segera menyiapkan rakyat semesta untuk mengawasi KPU, itu yang lebih penting,” katanya.

Sebelum keluar Rutan, Ahamd Dhani sempat bertemu Mulan Jameela yang datang langsung dari Jakarta.

Mulan sendiri memilih diam saat keluar Rutan, meski para wartawan melontarkan sejumlah pertanyaan terkait Dhani,

Sidang terhadap Dhani hari ini dilakukan setelah tertunda selama 2 pekan karena pelaksanaan Pemilu serentak 17 April 2019.

Ahmad Dhani sendiri tiba di Pengadilan Negeri Surabaya sekitar Pukul 14.12 WIB, Namun baru diizinkan keluar dari mobil tahanan 30 menit kemudian.

Agenda persidangan kali ini pembacaan tuntutan jaksa. Mulan terlihat di ruang Cakra, mendampingi sang suami dalam persidangan. Jaksa Rahmat Hari Basuki menuntut Ahmad Dhani bersalah dan harus dipenjara selama 1,6 tahun karena terbukti melakukan pencemaran nama baik.

"Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan sebagaimana disebutkan dalam Pasal 45 ayat 3 Juncto Pasal 27 ayat (3) Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Tidak ada alasan pemaaf bagi terdakwa," kata Rahmat.

"Tuntutan itu didasarkan pada keterangan saksi dan pendapat ahli. Fakta persidangan telah memenuhi unsur sebagai dalam pasal yang didakwakan. Hal yang meringankan, terdakwa sopan selama mengikuti persidangan,” tambahnya.

Rencananya Ahmad Dhani akan mengajukan pledoi atau nota pembelaan. Untuk hal ini, dan Dhani meminta waktu dua minggu kepada Majelis Hakim.

Pentolan grup Dewa 19 ini dititipkan sementara di Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1 Surabaya di Medaeng-Sidoarjo, Jawa Timur, hingga persidangan terhadap dirinya selesai.

Di Rutan Medaeng. Dhani tinggal bersama 2.900 lebih warga binaan yang berada di rutan.

Penitipan dirinya di rutan Medaeng sudah diperpanjang sejak Sabtu (2/3/2019) hingga 30 April 2019 mendatang, melalui surat Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan yang dikeluarkan pada Selasa (26/2/2019) lalu.

Ahmad Dhani Prasetyo didakwa Pasal 45 ayat 3 Juncto Pasal 27 ayat 3 Undang Undang RI No.19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronika karena dinilai telah melakukan pencemaran nama baik melalui video vlognya ‘idiot’ kepada sekelompok orang dari massa Cinta NKRI yang menghadangnya, saat hendak menghadiri deklarasi tagar 2019 Ganti Presiden di Surabaya, November 2018 lalu.

(Khumaidi | Sidoarjo|Jawa Timur)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments