youtube channel

Channels

Inilah Cara Mendeteksi Asap di Rumah Agar Tetap Aman dari Bahaya Kebakaran

Inilah Cara Mendeteksi Asap di Rumah Agar Tetap Aman dari Bahaya Kebakaran

Inilah Cara Mendeteksi Asap di Rumah Agar Tetap Aman dari Bahaya Kebakaran (Foto: Istimewa)

antvklik.com - Saat ini, hampir semua gedung bertingkat di seluruh tanah air menggunakan sensor asap untuk mengetahui sejak dini adanya potensi bahaya kebakaran yang bisa saja dimungkinkan dari berbagai sebab.

Beragam alat deteksi asap pun mulai dipasarkan, dan salah satunya pabrikan Honeywell (NYSE: HON) dengan NOTIFIER®, yang mengenalkan detektor asap cerdas untuk sektor komersial dan perumahan yang ideal .

Menurut pihak Honeywell Building Technologies Indonesia, detektor asap generasi baru itu dirancang untuk memenuhi persyaratan industri terbaru sesuai standar UL 268 Edisi ke-7 yang akan mulai berlaku pada bulan Mei 2020, mencakup pengurangan kesalahan deteksi asap, dan kemampuan detektor untuk membedakan karakteristik asap biasa dan asap yang berasal dari kobaran api.

Hasil temuan itu didasarkan adanya kenyataan bahwa bahan bangunan dan perabotan rumah tangga telah berubah secara signifikan dari waktu ke waktu ke bahan yang lebih modern seperti busa poliuretan, di mana bahan-bahan tersebut dikenal sebagai bahan yang lebih mudah terbakar.

Hal tersebut menyebabkan waktu luang bagi penghuni rumah atau gedung jika terjadi bahaya kebakaran, harus lebih cepat karena jika dengan bahan-bahan terdahulu butuh waktu rata-rata 17 menit untuk evakuasi, kini dengan bahan busa poliuretan, waktunya hanya tiga hingga empat menit untuk evakuasi.

Dengan sedikitnya waktu tersedia, maka sensitivitas yang lebih besar dan keakuratan terhadap karakteristik asap untuk memberikan sinyal kebakaran yang benar, menjadi sangat penting, sebab akan berdampak pada jumlah waktu yang dimiliki oleh penghuni untuk menyelamatkan diri dari kebakaran.

“Produk dan solusi Honeywell Building Technologies ditemukan di lebih dari 10 juta bangunan di seluruh dunia, dan telah membantu para pelanggan memastikan fasilitas mereka aman, hemat energi, berkelanjutan, dan produktif," ujar Yustinus Sigit, Direktur Honeywell Building Technologies Indonesia di Senayan, Jakarta Kamis (11/9/2019).

Maraknya musibah kebakaran, membuat Honeywell berkomitmen untuk memperkenalkan dan memasarkan detektor asap yang inovatif, agar bisa membantu masyarakat dalam mencegah terjadinya kebakaran.

Detektor asap NOTIFIER® 951 Series sendiri dirancang untuk kinerja yang maksimal, tanpa melupakan kebutuhan estetika: desain baru dan kontemporer, serta teknologi pendeteksi panas dan termal canggih untuk mengenali karakteristik asap dengan lebih baik.

Cara penggunakan dengan menyematkan alamat titik ID ditetapkan menggunakan sakelar desimal putar dan kemampuan untuk mengirimkan lokasi detektor secara spesifik memungkinkan respon yang cepat dari tim penyelamat.

Cegah dini bahaya kebakaran dengan menghindari kebiasaan yang bisa memicu terjadinya kebakaran.

Dari Berbagai Sumber


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments