youtube channel

Channels

Pengakuan Jujur Nakhoda KM Sinar Bangun: Pelayaran Suka-Suka Nakhoda

Pengakuan Jujur Nakhoda KM Sinar Bangun: Pelayaran Suka-Suka Nakhoda

pengakuan nakhoda; Berlayar di danau toba suka-suka nakhoda

antvklik.com - SS, Nakhoda KM Sinar Bangun telah ditetapkan sebagai tersangka kasus tenggelamnya kapal tersebut di danau Toba. SS , nakhoda yang juga pemilik kapal mengaku ,selama ini pelayaran kapal tak pernah diatur oleh syahbandar. SS pun tahu bahwa kapal yang dibawanya saat itu kelebihan muatan. SS dan tiga PNS Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir kini diperiksa di Mapolda Sumatera Utara. Mereka diperiksa sejak Minggu sore (24/6/2018) hingga Senin pagi.

Kepada kontributor ANTV, Yoga Syahputera , SS menjelaskan, pada tanggal 18 Juni 2018 lalu, ssaat seblum kejadian sewa kapal dari pelabuhan Simanindo menuju pelabuhan Tiga Ras membludak. Seluruh penumpang yang diangkut mendesak ikut disebrangkan karena mengejar waktu usai liburan hari raya. SS mengangkut 70 unit sepeda motor dan 150 penumpang menyebari danau Toba.

Menurut SS, selama ini pelayaran dan rute pemilik dan nakhoda a kapal yang ada di danau Toba tidak pernah diatur oleh syahbandar atau dishub setempat. Jadi selama beroperasi, nakhoda tidak memperhatikan prediksi prakiraan cuaca dari BMKG dan kapasitas muatan hanya menggunakan insting . Jadi, pengangkutan kapal sebagai transportasi umum selama ini illegal sehingga rute dan jadwal keberangkatan kapal berjalan sesuka hati nakhoda atau pemilik kapal/

Sebetulnya, SS paham dan mengetahui batas over load muatan kapal KM Sinar Banung, yaitu s empat puluh orang penumpang. Namun lonjakan penumpang yang melebihi kapasitas akan semakin menguntungkan . Apalagi sbelumnya, SS juga pernah membawa 200 penumpang dengan kapal yang sama dan semua penumpang selamat sampai tujuan.

SS mengaku tak bisa mengendalikan kapal saat terhempas angin kencang yang menyebabkan kapal terbalik dan tenggelam berikut penumpangnya di danau Toba .

Laporan Yoga Syahputera dari Medan Sumatera Utara


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments