youtube channel

Channels

India Bersiap Mengukir Sejarah di Bulan

India Bersiap Mengukir Sejarah di Bulan

Wahana ruang angkasa India telah memasuki orbit Bulan

Badan ruang angkasa India bersiap mengukir sejarah di Bulan. Wahana ruang angkasanya sudah berada di orbit bulan dan akan melakukan pendaratan

antvklik.com - - Chandrayaan-2 yang berarti kendaraan Bulan dalam Bahasa Sansekerta telah memasuki orbit Bulan pada Selasa (20/8/2019). Disebutkan, wahana ini masuk orbit pada tengah malam, dalam suatu manuver penyisipan yang rumit hingga memakan waktu selama 29 menit.

“Jantung kami nyaris copot sampai misi ini dapat diselesaikan,” kata Kailasavadivoo Sivan, Kepala Organisasi Riset Ruang Angkasa India (ISRO) dalam konferensi pers.

“Namun pendaratan (di Bulan) adalah tetap momen yang mendebarkan, karena itu merupakan fase yang pertama kalinya kami lakukan,” tambah Sivan lagi.

Jika misi ini berjalan sukses, maka India akan menjadi negara keempat di dunia yang berhasil mendaratkan wahananya di Bulan setelah Amerika Serikat, Uni Soviet (sekarang Rusia) dan China.

Perdana Menteri India Narendra Modi telah menyampaikan ucapan selamat kepada ISRO atas pencapaiannya sejauh ini. Rencananya, wahana Chandrayaan-2 akan melakukan serangkaian manuver pada ketinggian sekira 100 km dari permukaan Bulan.

Selanjutnya wahana pendarat bernama Vikram terpisah dari Chandrayaan-2 dan akan mendarat dekat Kutub Selatan Bulan. Dijadwalkan, Vikram akan mendarat di Bulan pada 7 September mendatang.

Setelah berhasil mendarat, sebuah robot penjelajah bernama Pragyan akan dikeluarkan dari Vikram untuk mengambil sampel mineral dan kimia dari permukaan Bulan.

Chandrayaan-2 berbobot 3,8 ton dengan membawa 13 muatan yang terdiri dari tiga wahana. Ketiganya adalah wahana orbit, pendarat dan robot penjelajah. Seluruh wahana ini dirancang dan dikembangkan sendiri oleh ISRO.

Sumber: CNN


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments