youtube channel

Channels

Ilham Akbar Habibie: Sekarang Bapak dan Ibu Bisa Bersatu di Akhirat

Ilham Akbar Habibie: Sekarang Bapak dan Ibu Bisa Bersatu di Akhirat

Presiden Jokowi serahkan bendera dan naskah apel persada ke anak Habibie (Foto: BPMI)

Prosesi pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata telah selesai. Menurut anaknya, Ilham Akbar Habibie, sekarang kedua orangtuanya bisa bersatu di akhirat.

antvklik.com - Presiden Joko Widodo memimpin jalannya prosesi pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta, Kamis (12/9/2019) siang. Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan, Almarhum dikenal memiliki visi jauh ke depan.

Bukan hanya berpikir satu, dua atau lima tahun. Tapi berpikir jauh, 50 atau 100 tahun ke depan untuk kemajuan Indonesia. Menurutnya, dari visinya itulah lahir industri-industri strategis di Indonesia.

Dicontohkan, pesawat N250 Gatotkaca rancangannya, berhasil mengudara pada 50 tahun Kemerdekaan RI dan telah menginspirasi Indonesia.

"Sebuah peringatan bersejarah yang tertanam dalam benak banyak rakyat Indonesia. Menginspirasi kita untuk percaya diri, menginspirasi anak-anak muda untuk bangkit dan belajar untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdiri sejajar dengan negara-negara besar di dunia," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, almarhum juga mengingatkan pentingnya sumber daya manusia (SDM) yang dikuatkan dengan agama, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Karena itu ia mengajak masyarakat Indonesia berterima kasih dan berdoa untuk almarhum.

"Selamat jalan Mr Crack, selamat jalan Mr Pioneer," tutup Jokowi.

Sementara Ilham Akbar Habibie, putra sulung Habibie yang mewakili pihak keluarga mengatakan, semasa hidup ayahnya mengajarkan arti cinta. Seperti cinta suami istri, cinta kepada sanak saudara, cinta kepada pekerjaan, kepada dunia dan seluas-luasnya.

Ilham juga menyinggung prosesi pemakaman ibunya, Ainun Habibie di tempat yang sama, sembilan tahun lalu.

"Acara kenegaraan dan ini sesuatu yang bisa kita berikan kepada bapak dan ibu sebaik-baiknya. Ini satu hal yang menghilangkan duka. Mereka sekarang bisa satu, bersatu dalam akhirat," kata Ilham.

Menurut Ilham, ayahnya tiap hari tahlilan dan setiap Jumat ke makam untuk berdoa. Begitu setia. Sampai wafat pun dikuburkan di sebelah.

"Sekarang mereka bisa bersatu di akhirat. Ini didamba-damba Bapak sejak ibu wafat," tambah Ilham.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments