youtube channel

Channels

IDI Tunda Pemecatan Dokter Terawan

IDI Tunda Pemecatan Dokter Terawan

IDI Tunda pemecatan Dokter Terawan

antvklik.com - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menunda keputusan Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK), yang menjatuhkan sanksi terhadap Kepala Rumah Sakit Angkatan Darat, Dokter Terawan Agus Putranto. Penundaan keputusan ini dilakukan setelah kontroversi pemecatan Dokter Terawan memantik polemik di masyarakat.

MKEK sebelumnya merekomendasikan pemberian sanksi terhadap Terawan karena dianggap melanggar kode etik kedokteran.

Rekomendasi MKEK IDI yang sebelumnya memecat sementara keanggotaan Dokter Terawan dari IDI, dianulir oleh Ketua IDI Profesor Dr Ilham Oetama Maris, yang disepakati dalam rapat Majelis Pimpinan Pusat PB IDI . MKEK sebelumnya merekomendasikan pemberian sanksi terhadap Dokter Terawan karena dianggap melanggar kode etik kedokteran .”Oleh karenanya, saat ini Dokter Terawan masih berstatus sebagai anggota IDI."

Selain menunda keputusan mengenai sanksi yang dikenakan kepada Dokter Terawan, PB IDI juga menyesalkan tersebarnya surat keputusan MKEK yang bersifat internal dan rahasia , bocor sehingga menimbulkan keresahan kepada masyarakat. PB IDI akan mengusut tuntas siapa pelaku penyebaran surat tersebut.

Selanjutnya PB IDI akan bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan melalui health technology assesment, untuk menguji metode pengobatan yang dilakukan oleh Dokter Terawan.

"MPP merekomendasikan penilaian terhadap tindakan terapi dengan metode DSA/brainwash dilakukan oleh tim HTA Kementerian Kesehatan RI," ujar Marsis.

Laporan Emzy Ardiwinata dan Agam Mifta Renal dari Jakarta


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments