youtube channel

Channels

I Don’t Like Monday, No! I Like Munday Kata Orang Kuningan

I Don’t Like Monday, No! I Like Munday Kata Orang Kuningan

I Don’t Like Monday, No! I Like Munday Kata Orang Kuningan

I don’t like monday, I like Munday kata orang Kuningan. Munday ditunggu-tunggu oleh warga Luragung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

antvklik.com - I don’t like monday, I like Munday kata orang Kuningan, Jawa Barat. Munday merupakan tradisi memeriahkan hari jadi Desa Luragunglandeuh. Yang ditunggu-tunggu adalah keseruan nyebur ke Sungai Cisanggarung.

Mereka akan berlomba menangkap ikan tanpa alat bantu. Tradisi ini mengalahkan cara menangkap ikan para nelayan yang dikenal dengan istilah handline fishing, atau memancing tanpa joran dan reel. Pada acara Munday, peserta menangkap ikan hanya dengan tangan atau merogoh.

Ikan-ikan sudah dilepas lebih dahulu oleh panitia. Kemudian peserta bersiap dan menunggu aba-aba terjun ke sungai berbarengan. Riang, ceria, penuh gelak tawa. Komentar yang menonton pun tak kalah intonasinya, berebut ruang dengan gemuruh bising canda peserta dan toa panitia. Ikan yang sudah di tangan pun bisa dirampas. Dan, biasanya terlepas lagi.

Tradisi ini tak hanya monopoli warga Desa Luragung. Wisatawan pun boleh ikut menangkap ikan bersama-sama urang Luragung. Semua peserta punya kasta sama, tak ada yang satu lebih tinggi dari lainnya. Tujuan inilah salah satunya yang dibangun dalam tradisi Munday. Selain menginginkan pula guyubnya satu dengan lainnya.

Puncak acara, Rabu (11/9/2019), dilaksanakan upacara adat namanya cingcowong. Upacara minta hujan ini akan menutup seluruh kegiatan hari jadi Desa Luragung.

Erfan Septyawan | Kuningan, Jawa Barat


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments