youtube channel

Channels

Hotel Ruang Angkasa Akan Beroperasi 2027, Tarifnya?

Hotel Ruang Angkasa Akan Beroperasi 2027, Tarifnya?

Hotel ruang angkasa yang mengadopsi rancangan Von Braun (Foto: Gateway Foundation)

Sebuah proyek hotel ruang angkasa sedang dirintis sebuah perusahaan di California, AS. Targetnya, hotel ruang angkasa akan beroperasi pada 2027. Tarifnya?

antvklik.com - Sudah 50 tahun berlalu, sejak manusia menginjakkan kaki ke Bulan, namun hanya segelintir orang yang dapat merasakan terbang ke ruang angkasa. Kini, sebuah perusahaan asal California, AS, The Gateway Foundation merilis rencana membuat sebuah hotel ruang angkasa.

Hotel yang diberi nama Von Braun Station akan mulai dibangun pada 2025 dan beroperasi penuh dua tahun kemudian. Proyek Von Braun Station dibangun sebagai salah satu pilihan untuk mendukung wisata ruang angkasa yang sedang dirintis sejumlah perusahaan swasta, seperti Virgin Galactic, SpaceX dan Blue Origin.

Rancangan kamar hotel ruang angkasa (Foto: Gateway Foundation)

Namun ternyata Von Braun Station bukanlah satu-satunya hotel yang akan dibangun di ruang angkasa. Sebelumnya, sebuah perusahaan rintisan, Orion Span, juga merilis rencana membangun hotel ruang angkasa 'Aurora Station' yang akan beroperasi pada 2022.

Dalam rilis gambar dari Gateway Foundation, hotel ruang angkasa berbentuk seperti roda raksasa saat mengorbit Bumi. Roda raksasa yang terdiri dari 24 modul ini akan berputar untuk menciptakan efek gravitasi.

Menurut Tim Alatorre, perancang senior Gateway Foundation, dengan terciptanya efek gravitasi, orang dan benda yang ada dalam modul tidak akan melayang. Semakin dekat ke arah pusat roda, efek gravitasi tak akan terasa.

Ruang meeting hotel ruang angkasa (Foto: Gateway Foundation)

Namun begitu posisinya jauh dari pusat roda, efek gravitasi akan meningkat.
Gateway Foundation menamakan hotel ruang angkasanya sesuai dengan nama ahli roket Amerika asal Jerman Wernher Von Braun. Alasannya menurut Allatore, dasar rancangan hotel ruang angkasa mereka mengambil sketsa Von Braun yang dibuat 60 tahun lalu.

“(Rancangan) Dasar stasiun (ruang angkasa) tidak berubah sejak 1950, stasiun yang berputar,” kata Allatore. Dikatakan, yang berubah hanya penggunaan material dan teknologi modern, seperti karbon komposit dan teknologi pencetakan tiga dimensi.

Tarif Menginap

Soal tarif menginap belum disebutkan seberapa besar uang yang harus dirogoh para tamu hotel von Braun. Sebagai gambaran, tarif hotel ruang angkasa pesaingnya, Aurora Station sudah menyebut angka 9,5 juta dollar atau sekira Rp133 miliar.

Gateway Foundation berharap, tarif hotel ruang angkasanya akan lebih terjangkau, lantaran kapasitas hotelnya jauh lebih besar dari Aurora Station yang hanya dapat menampung 12 tamu.

Kapasitas hotel Von Braun Station dapat menampung maksimal 450 tamu. Karena itu mereka berharap harganya akan sama dengan biaya wisata ke Disneyland atau ikut kapal pesiar.

Sumber: CNN


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments