youtube channel

Channels

Harga Jengkol Melambung Tinggi Saat Ramadhan

Harga Jengkol Melambung Tinggi Saat Ramadhan

Harga Jengkol Melambung Tinggi Saat Ramadhan

antvklik.com - www.antvklik.com- Jangan main-main dengan jengkol. Siapa bilang orang gak doyan jengkol saat ramadan? Nyatanya akibat permintaan meningkat harga jengkol naik bahkan hampir menyamai harga daging sapi. Di Pasar Induk Kramatjati, harga jengkol hari ini bahkan menembus Rp 90 ribu per kilogram. Harga jengkol di pasar tradisional lain tentu lebih mahal. Kendati bukan bahan kebutuhan pokok namun meningkatnya animo pembeli jengkol di awal bulan ramadhan diduga menjadi penyebab mahalnya harga jengkol.

Bagi sebagian orang, makan jengkol di bulan puasa mungkin dihindari karena menimbulkan bau tak sedap.Namun siapa sangka jengkol kini menjadi primadona di masyarakat dan banyak diburu pembeli.

Jengkol Baladi Khas Padang

Tingginya permintaan jengkol di pasaran akhirya membuat harganya kini melambung tinggi. Di Pasar Kramatjati Jakarta Timur, satu kilo jengkol kini dibadrol sembilan puluh ribu rupiah atau hampir menyamai harga daging sapi.

Padahal sebelum bulan ramadhan harga jengkol di kisaran 60 ribu rupiah per kilogramnya. Menurut pedagang, kenaikan harga jengkol dikarenakan kurangnya pasokan dari petani ke pedagang, sedangkan permintaan terhadap jengkol di bulan puasa meningkat. Dampaknya omzet penjualan pun menurun drastis.

Musim panen jengkol baru dimulai pertengahan tahun hingga akhir tahun. Mengingat permintaan biasanya meningkat di bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri, harga jengkol diperkirakan masih akan terus naik.

Meski mahal namun dagangan jengkol tetap laris terjual.Seorang pembeli pun terpaksa membeli jengkol karena menjadi makanan favorit anaknya yang tengah hamil.”Memang mahal sih, tapi mau bagaimana lagi? Apalagi anak saya lagi ngidam dan pengennya makan jengkol terus,”kata Yati, seorang pembeli jengkol.

Dibandingkan dengan sayuran lalapan lainnya seperti petai pedagang mengakui jengkol lah yang saat ini banyak diburu pembeli. Di pasar Kramat Jati sendiri, pasokan jengkol kini mulai berkurang yang kebanyakan berasal dari daerah Banyuwangi Jawa Timur.

Di Pasar Tebet, harga jengkol juga melonjak tajam. Seorang pedagang makanan jadi di Pasar Tebet mengaku terpaksa harus tetap menyediakan menu jengkol meski harganya merangkak naik. Di warung nasi miliknya di Pasar Tebet Barat ini, harga satu porsi jengkol balado, besisi enam keping jengkol, dibandrol Rp 10 ribu.”Mau bagaimana lagi. Kami harus menyediakan karena banyak yang minta,”katanya.

Demikian laporan Simon Tobing dari Jakarta


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments