youtube channel

Channels

Natal dan Tahun Baru, Harga Daging Ayam dan Sapi Impor Melonjak

Natal dan Tahun Baru, Harga Daging Ayam dan Sapi Impor Melonjak

Natal dan Tahun Baru, Harga Daging Ayam dan Sapi Impor Melonjak

antvklik.com - - Jelang Natal dan tahun baru, harga pangan di pasaran melonjak tajam. Di pasar Cikupa, Tangerang, Banten, Senin pagi, harga daging ayam dan daging sapi impor naik Rp.10.000 per kilogram. Sedangkan harga sejumlah ikan laut dan tawar melambung hingga 30 persen. Selain natal dan tahun baru, cuaca buruk yang masih terjadi membuat harga ikan naik karena nelayan takut melaut.

Jelang perayaan Natal dan tahun baru, harga sejumlah bahan pangan di sejumlah pasar tradisional mulai mengalami kenaikan yang cukup tinggi, pada Senin pagi ini. Di Pasar Cikupa, Tangerang, Banten,harga daging ayam potong naik dari sebelumnya Rp.40.000m, kini menjadi Rp.50.000 per kilogramnya.

Sementara untuk hitungan perekor, harga ayam naik dari Rp.7000, dari sebelumnya Rp.30.000, kini menjadi Rp.37.000 per ekor. Pedagang ayam mengatakan, kenaikan diduga akibat stok ayam yang menipis serta banyaknya permintaan konsumen jelang perayaan Natal dan tahun baru.

Naiknya harga daging ayam pun membuat konsumen harus bersiasat dengan cara mengurangi jumlah pembelian daging ayam agar bisa memenuhi kebutuhan lainnya.

Tak hanya daging ayam, harga daging sapi impor juga mengalami kenaikan dari Rp.90.000, kini naik menjadi Rp.100.000 per kilogramnya. Sementara itu, harga daging sapi lokal hingga saat ini masih terpantau normal. harga daging lokal masih berada dikisaran Rp.100.000 per kilogram.

Pedagang mengatakan, hingga kini belum diketahui apa penyebab daging sapi impor naik. Namun, setiap Natal dan tahun baru memang daging impor selalu naik. Selain daging ayam dan sapi impor, harga sejumlah jenis ikan laut maupun tawar di sejumlah pasar tradisional juga mengalami kenaikan 30 persen.

Kenaikan tertinggi terjadi pada udang yang kini berada di kisaran Rp.40.000, per kilogram. Padahal sebelumnya hanya Rp.15.000 per kilogram. Tak hanya udang, ikan cumi yang sebelumnya Rp.50.000 per kilogram kini naik menjadi Rp.70.000 per kilogramnya.

Sementara itu, ikan kembung kini naik Rp.50.000 lima ribu rupiah dari sebelumnya Rp.30.000 perkilogram, naik menjadi Rp.35.000 per kilogramnya. Sedangkan kepala ikan kakap, dari sebelumnya Rp.20.000 per kilogram, kini naik menjadi Rp.25.000 per kilogramnya. Untuk ikan bawal, ikan mujaer, ikan salem ikan bandeng dan ikan tongkol naik rata-rata Rp. 30.000, kini naik Rp.5000 per kilogram dari harga normal.

Pedagang mengatakan, selain jelang Natal dan tahun baru, cuaca buruk yang masih terjadi hingga saat ini membuat harga ikan naik karena nelayan takut melaut. Pedagang dan pembeli berharap, Pemerintah dapat turun tangan untuk mengontrol kenaikan harga yang dinilai sangat memberatkan masyakarat.

Demikian Laporan Kusnaedi, dari Tangerang, Banten


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments