youtube channel

Channels

Ini Dia Hafid Peraih Nilai 100 di Semua Pelajaran UNBK 2019

Ini Dia Hafid Peraih Nilai 100 di Semua Pelajaran UNBK 2019

Ananda Hafidh Rifa’i Kusnanto, peraih nilai mutlak 100 di UNBK 2019.

Seorang siswa SMA di Solo, Jawa Tengah, meraih nilai mutlak atau sempurna untuk semua mata pelajaran di Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019.

antvklik.com - - Ananda Hafidh Rifa’i Kusnanto (17), siswa kelas XII IPA 6 SMAN 4 Solo tak menyangka mendapat nilai sempurna 100 dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019.

Nilai sempurna yang diraihnya itu untuk 4 mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris Matematika dan Kimia.

Tak menyangkanya Hafid dikarenakan dirinya meyakini dua mata pelajaran diantaranya, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris hanya meraih nilai 90 persen. Dirinya merasa bersyukur bisa meraih nilai sempurna dalam UNBK 2019.

“Nggak menyangka sama sekali, beberapa soal terutama di Bahasa Indonesia ada yang ragu,” katanya.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 4 Solo Bidang Kurikulum Meyra Dwi mengatakan prestasi Hafid luar biasa, meski dia belum termasuk siswa yang menonjol. Sejak tahun 2000 hingga saat ini, baru kali ini ada siswa yang bisa mendapat nilai 100 untuk semua mata pelajaran ujian.

“Kaget, luar biasa ini anak. Karena kita berpikir, ya okelah maksimal, tapi tidak mencapai 100. Karena seperti Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk mencapai nilai puncak itu kan luar biasa. Sehingga ketika mendapat nilai 100, ini anak luar biasa. Tapi memang kalau pengamatan kami, kalau Hafid didorong, dia menjadi luar biasa,” katanya.

Orangtua Hafid mengaku bangga dengan anak sulungnya yang mampu meraih prestasi pendidikan. Supatmi, Ibunda Hafid tak menyangka sama sekali anaknya mendapat nilai mutlak 100 dalam UNBK 2019.

“Nggak menyangka sama sekali. Saya aja bingung kok, pas ada undangan (sekolah) untuk anak saya saja. Lainnya nggak ada siswa yang datang, terus ada apa dengan anak saya. Eee…Alhamdulillah mulus (lulus) itu, saya juga kaget,” ujar Supatmi, sembari tertawa bahagia.

Meraih nilai mutlak 100 dalam UNBK 2019 mengantarkan Hafid masuk di Fakultas Elektro Universitas Gajah Mada Yogyakarta, lewat jalur bidik misi SNMPTN.

Pada tahun 2017 lalu, Hafid pernah mendapat medali perak di Olimpiade Sains Nasional Bidang Astronomi. Sementara saat ini, ia sudah masuk nominasi delapan besar Olimpiade Sains Internasional yang akan diselenggarakan di Hungaria, Juni 2019 mendatang.

Di sisa waktu menjelang Olimpiade tersebut, Hafid meyakini dapat menembus 5 besar. Hal ini sebagai syarat dirinya dapat mewakili Indonesia di ajang bergengsi tersebut.

(Effendi Rois | Solo)

Berikut Liputannya:


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments