youtube channel

Channels

Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Perak

Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Perak

H-8LEBARAN, PEMUDIK PADATI JALUR TRANSPORTASI LAUT

Delapan hari jelang lebaran, pemudik memadati beberapa pelabuhan. Karena mahalnya harga tiket pesawat, masyarakat beralih menggunakan transportasi laut.

antvklik.com - - Delapan hari jelang lebaran, pemudik memadati Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Mahalnya harga tiket pesawat saat arus mudik, menjadikan masyarakat beralih menggunakan transportasi laut ke luar pulau Jawa. Akibatnya jumlah penumpang kapal semakin membludak.

Diperkirakan puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Priok antara tanggal 30 Mei - 1 Juni mendatang

Kepadatan Tanjung Priok menjadikan arus lalu lintas di sekitar pelabuhan hari ini menjadi macet. Pasalnya, terjadi buka tutup jalan akibat pelepasan 202 bus program mudik gratis oleh Pelindo II.

AKBP Reynold Elisa P. Hutagulung, Kapolres Pelabuhan Tg.Priok mengatakan aktivitas pemudik di terminal Penumpang Nusantara karena kedatangan dan keberangkatan kapal.

Setidaknya 160 personil gabungan TNI Polri bersiaga di area tersebut.

Satu per satu pemudik mengantri untuk dapat masuk ke atas Kapal Motor Dorolonda yang akan berlayar ke wilayah Timur Indonesia.

Darmawati, pemudik tujuan Makasar mengungkapkan , tingginya harga tiket pesawat membuat masyarakat beralih menggunakan moda transportasi laut. Pemudik yang biasa menggunakan pesawat terpaksa harus menggunakan kapal dengan waktu tempuh yang lebih lama, bahkan beberapa diantaranya membeli tiket tanpa tempat duduk.

Sementara itu, pemudik dari luar Pulau Jawa mulai berdatangan di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Mv Lueser jurusan Sampit-Surabaya membawa kurang lebih 1500 penumpang dari Kalimantan Tengah

Pihak otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menyediakan ambulan khusus bagi pemudik yang sedang sakit ,hamil dan melahirkan. Sejumlah penumpang yang kelelahan terpaksa harus ditandu saat turun dari kapal. Seperti Ibu dari Wahyuni, penumpang asal Sampit yang terpaksa harus ditandu karena sakit.

Mulai H-15 (23 Mei) hingga H-7 (29 Mei) tercatat ada 19.383 penumpang turun, 7.722 penumpang naik dan 1.900 penumpang lanjutan atau singah dan berlabuh di Terminal Gapura Surya Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. . DIierkiran lonjakan penumpang di terminal ini terjadi pada Jumat (31/5/2019) mendatang.

Menurut Patrick Pardede , Kepala Seksi Lalu Lintas Dan Angkutan Laut Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya, dibandingkan tahun sebelumnya di hari yang sama terdapat kenaikan 3-4 % pada H-8 lebaran kali ini/. Salah satu pemicu meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan moda angkutan laut tersebut ialah naik harga tiket pesawat.

| Novi Zakaria- Zainal Azhari | Jakarta- Surabaya |


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments