youtube channel

Channels

Gempa Tuban Dirasakan Warga Yogyakarta Hingga NTB

Gempa Tuban Dirasakan Warga Yogyakarta Hingga NTB

Gempa Tuban (BMKG)

Gempa bumi yang mengguncang Tuban ternyata berkekuatan intensitas VI MMI. Getaran gempa Tuban dirasakan warga Yogyakarta hingga Nusa Tenggara Barat.

antvklik.com - Gempa terjadi di laut, 56 km Barat Laut Tuban, Jawa Timur pada pukul 14.31 WIB. Kedalaman gempa berada di 648 kilometer. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyatakan, gempa tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa ternyata dirasakan bukan hanya di Jawa Timur, tapi juga warga di berbagai daerah, mulai dari Bandung, Yogyakarta hingga Nusa Tenggara Barat. Seperti di Bandung, getarannya sebesar II MMI. Sedangkan di Lombok, NTB berkekuatan III MMI.

Gempa Tuban sempat jadi trending di media sosial Twitter Indonesia. Sejumlah netizen sempat membagikan momen bagaimana reaksi mereka saat merasakan getaran gempa di daerah masing-masing. Belum diketahui ada dampak kerusakan akibat gempa Tuban.

https://twitter.com/harryardian/status/1174597361110175745

MMI adalah singkatan dari Modified Mercalli Intensity, satuan untuk mengukur kekuatan gempa. Seperti skala II MMI disebut getaran hanya dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala III MMI, getaran dirasakan di rumah seakan-akan ada truk berlalu.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments