youtube channel

Channels

Gempa Halmahera 6,2 Skala Richter Guncang Maluku Utara

Gempa Halmahera 6,2 Skala Richter Guncang Maluku Utara

Gempa 6,2 skala richter terjadi di Halmahera. Tidak berpotensi Tsunami

Gempa Halmahera tidak berpotensi tsunami namun kekuatannya cukup besar. BKMG mencatat gempa bumi dengan kekuatan 6,2 Skala Richter di Halmahera, Maluku Utara.

antvklik.com - Gempa Halmahera terjadi pada Sabtu (14/9/2019) pukul 23.21 WIB. Pusat gempa berada di koordinat 0.89 Lintang Selatan dan 128.60 Bujur Timur pada kedalaman 10 km. Pusat gempa berjarak 119 km dari Halmahera Selatan, Maluku Utara.

BMKG juga merilis info gempa yang terjadi pada pukul 10.42 WIB di 141 km Barat Laut Kabupaten Sorong, Papua Barat. Gempa berkekuatan 5,3 SR dan tidak berpotensi tsunami.

Maluku Utara, terutama Halmahera Selatan merupakan daerah rawan gempa. Sebelumnya pada 14 Juli 2019, juga terjadi gempar di Halmahera Selatan berkekuatan 7,2 skala Richter. Halmahera Selatan termasuk wilayah seismik aktif dan kompleks, karenanya akan sering terjadi gempa di Halmahera Selatan.

Terdapat empat zona seismogenik sumber gempa utama di kawasan tersebut yakni Halmahera Thrust, Sesar Sorong-Sula, Sesar Sorong-Maluku, dan Sesar Sorong-Bacan. Ketiga sistem sesar yaitu Sesar Sorong-Sula, Sesar Sorong-Maluku, dan Sesar Sorong-Bacan merupakan percabangan dari Sesar Sorong yang melintas dari timur membelah bagian atas kepala burung di Papua Barat.

Di Pulau Batanta, ke arah barat Sesar Sorong mengalami percabangan. Pada percabangan yang paling utara yaitu Sesar Sorong-Bacan itulah yang selama ini menyimpan akumulasi medan tegangan kulit bumi yang akhirnya menimbulkan patahan dan mengakibatkan gempa. Sesar Sorong-Bacan inilah pemicu gempa di Halmahera Selatan.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments