youtube channel

Channels

Gajah Sumatera Dibunuh, Dicuri Gadingnya

Gajah Sumatera Dibunuh, Dicuri Gadingnya

Gajah Sumatera Dibunuh, Dicuri Gadingnya

antvklik.com - - Gajah Sumatera ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan di Desa Kota Dalam, kecamatan Mekakau Ilir, kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Kondisinya memilukan. Gading, kuku dan sebagian organ tubuhnya hilang. Diduga, gajah dibunuh dan dicuri organ tubuhnya.

Bangkai gajah ini ditemukan warga di perkebunan jagung dan kopi milik warga di Desa Kota Dalam atau hanya berjarak 300 meter saja dari pemukiman penduduk setempat.

Mamalia malang ini berusia dewasa dengan berjenis kelamin jantan, kondisinya saat ini cukup memperihatinkan seperti gading dan bagian kuku hilang, perut sudah membesar, dan di bagian mulut berlumuran darah.

Hingga kini belum diketahui penyebab pasti tewasnya binatang tersebut dan masih tergeletak di kebun milik warga setempat. Menurut salah satu warga desa bernama Aslan, binatang tersebut ditemukan warga pada siang hari tadi, dirinya tidak mengetahui persis penyebab tewasnya gajah tersebut.

Dari informasi yang diterima, Tim BKSDA wilayah Sumatera Selatan rencananya akan secepatnya meninjau kondisi gajah yang tewas ini, guna mengidentifikasi untuk mengetahui penyebab tewasnya binatang yang dilindungi tersebut.

Keberadaan hewan liar tersebut memang beberapa tahun terakhir ini kerap meresahkan warga dan merusak tanaman. Akibatnya kerap terjadi gajah dibunuh karena dianggap hama.

Namun tindakan membunuh gajah juga amat disesalkan. Konflik antara manusia yang tanamannya dirusak dan gajah yang habibatnya terganggu terus terjadi.

Demikian Laporan Junjati Patra-Herman Sariwan dari Oku Selatan


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments