youtube channel

Channels

Ga Usah Nyinyirin Ikan Asin. Ini Buktinya

Ga Usah Nyinyirin Ikan Asin. Ini Buktinya

Cara Buat Ikan Asin

Ikan asin mendadak viral di negeri ini. ikan asin yang dianggap tidak mewakili milenial atau generasi now sontak menguasai perbincangan jagad indonesia. Tapi jangan sekali-kali meremehkan ikan asin ya. Buatnya saja susah dan harganya mahal. Ini buktinya.

antvklik.com - - Adalah seorang artis sinetron yang berucap tidak santun mengenai bau kelamin eks istrinya. yang diumpamakan seperti ikan asin, tidak etis dan merendahkan. Tapi sudahlah tak pantas juga itu terus dibahas. Toh dia sudah ditetapkan jadi tersangka dan ditahan.

Adakah yang tahu cara membuat ikan asin?

Ikan asin adalah ikan segar yang diawetkan dengan menggunakan banyak garam, hingga dapat disimpan lama tanpa adanya kerusakan fisik. Membuat ikan asin dibutuhkan waktu lama dan matahari yang terik untuk menjemur.

Langkah awalnya, kita harus memilih ikan yang segar. Kesegaran ikan menentukan mutu akhir. Kita bisa memilih ikan jenis air tawar atau pun laut. Ikan-ikan ini dikelompokkan menjadi tiga. Ikan besar seperti tenggiri, tongkol, dan kakap. Yang sedang seperti kembung dan layang. Dan ikan kecil seperti petek dan teri.

Ikan berukuran besar diperlukan penyiangan untuk membersihkan sisik, insang dan isi perut juga dibelah sepanjang garis punggung ke arah perut. Sedangkan ikan ukuran sedang dilakukan penyiangan tanpa harus dibelah. Dan yang kecil cukup dicuci tanpa dibersihkan.

Garam yang dipakai bukan jenis garam yang asing untuk kita. Garamnya, garam seperti punya emak kita di dapur. yang mengandung nacl murni. artinya garam yang sebanyak mungkin mengandung nacl dan sekecil mungkin elemen lainnya

Lalu bagaimana ikan dan garam tersebut bisa bersinergi dan menciptakan ikan asin yang konon bau itu? Nah ada dua metode yang bisa dipilih. Sebenarnya banyak, hanya untuk yang mudah, dua cara dulu saja. Cara basah dan cara kering.

Cara Basah

Ikan yang sudah bersih disusun dalam wadah atau bak kedap air. Tambahkan larutan garam dengan konsentrasi larutan 30-50 persen. Pastikan seluruh ikan tenggelam . Kalau perlu diberi pemberat.

Lalu direndam 1-2 hari tergantung ukuran dan tebal ikan juga derajat keasinan yang diinginkan. Setelah penggaraman, bongkar ikan dan cuci bersih. Susun ikan di atas para-para untuk proses pengeringan atau penjemuran.

Cara Kering

Satu lagi cara untuk menciptakan ikan asin adalah cara kering.

Pastikan ikan dalam keadaan bersih. Selanjutnya sediakan garam kristal sesuai berat ikan.

Untuk yang besar jumlah garam 20-30 persen dari berat ikan. Yang sedang 15-20 persen sedangkan ikan kecil 5 persen garam ditaburkan dalam wadah ukuran tebal 1-5 sentimeter tergantung jumlah ikan.

Agar lebih sip, perut ikan dihadapkan ke dasar wadah. dah rapi, taburkan garam pada lapisan ikan. Lakukan bergantian antara ikan dan garam hingga mencapai lapisan atas.

Wadah yang sudah berisi ikan yang sudah digarami disusun rapi. lalu tutup dengan keranjang bambu. Proses penggaraman ini bisa berlangsung hingga 3 hari tergantung ukurannya. Ikan besar biasanya 2-3 hari, sedang ikan sedang dan ikan kecil cukup 12-24 jam.

Setelah proses penggaraman, ikan bisa dicuci dengan air bersih dan tiriskan. Selanjutnya ikan melalui proses penjemuran atau pengeringan biar cepat kering jangan lupa dibalik-balik, ya.

Stop Nyinyir

Nah begitu cara membuat ikan asin. Kalau ada yang mau bisnis ikan asin bisa dicoba loh. Jadi, gak usah malu-malu mengaku suka ikan asin. Ikan asin sekarang harganya mahal, bisa ratusan ribu perkilonya.

Kurang-kurangi nyinyir ya, sis. Mending wirausaha dan menghasilkan.

(Sumber: Materi pelatihan pengelolahan hasil perikanan BPPP Tegal)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments