youtube channel

Channels

Seribu Tiga Ratus Egrang Meriahkan HUT RI Ke-74

Seribu Tiga Ratus Egrang Meriahkan HUT RI Ke-74

Seribu tiga ratus pelajar dari berbagai tingkatan sekolah sekecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah turun ke jalanan. (Foto: Galih Manunggal | ANTV)

Peringatan HUT RI Ke-74 di Kecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah dimeriahkan permainan Egrang. Permainan ini diikuti seribu tiga ratus pelajar. Permainan Egrang dipilih untuk membangkitkan kembali permainan tradisional yang mulai tergerus permainan modern.

antvklik.com - - Seribu tiga ratus pelajar dari berbagai tingkatan sekolah sekecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah turun ke jalanan. Bukan berunjuk rasa namun bermain Egrang.

Mereka berjalan menggunakan Egrang mulai dari lapangan sepak bola Tahunan hingga kantor Kecamatan Tahunan. Jarak yang mereka tempuh sekira 500 meter.

Seribu Tiga Ratus Egrang Meriahkan HUT RI Seribu tiga ratus pelajar dari berbagai tingkatan sekolah sekecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah turun ke jalanan. (Foto: Galih Manunggal | ANTV)

Sepanjang perjalanan para pelajar mendapat pengawalan para guru maupun petugas Polri dan TNI.

Egrang adalah permainan tradisional berbahan baku bamboo. Dibutuhkan latihan rutin untuk bisa berjalan hingga nyaman di atas Egrang.

Kepala Kecapatan Tahunan, Eko Kasiono mengatakan Egrang menjadi salah satu permainan pilihan untuk memeriahkan peringatan HUT RI Ke-74. Tujuannya membangkitkan kembali permainan tradional yang mulai ditinggalkan anak-anak karena tergeser permainan modern.

“Padahal, permainan tradional Egrang bukan hanya menjadi hiburan bagi anak-anak namun juga menjadi sarana olah raga ketangkasan yang menyehatkan,” imbuh Eko Kasiono.

Antusias pelajar mengikuti permainan Egrang sangat tinggi. Dari rencana 1.000 peserta yang diikutkan ternyata yang turut andil meningkat hingga berjumlah 1.300 peserta.

Galih Manunggal | Jepara, Jawa Tengah


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments