youtube channel

Channels

Temuan Ribuan Surat Suara Rusak di Polewali Mandar dan Sumbawa Barat

Temuan Ribuan Surat Suara Rusak di Polewali Mandar dan Sumbawa Barat

KPUD Polman temukan ribuan surat suara rusak

Pelaksanaan Pemilu 2019 tinggal menghitung hari. Namun ada temuan kerusakan surat suara dalam jumlah besar di sejumlah daerah. Seperti di Polewali Mandar, Sulawesi Barat ditemukan ribuan surat suara rusak. Kondisi serupa juga terjadi di Sumbawa Barat, NTB.

- Komisi Pemilihan Umum atau KPUD Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat masih kekurangan ribuan surat suara dan formulir pengganti Pemilu 2019. Akibatnya, distribusi logistik untuk lima kecamatan jadi tertunda sementara. Namun distribusi logistik Pemilu ke sejumlah wilayah telah berlangsung selama 3 hari.

antvklik.com - Sebelumnya, KPUD Polman telah selesai menyortir 1.556.712 lembar surat suara Pemilu 2019. Dari hasil penyortiran, ditemukan 6.843 lembar surat suara rusak.

Ketua KPUD Polman Rudianto mengatakan, pihaknya telah membuat berita acara kepada KPUD Provinsi Sulawesi Barat dan KPU Pusat guna mengganti surat suara rusak. Pihaknya optimis, surat suara rusak dapat segera tiba dan didistribusikan sebelum hari pencoblosan pada 17 April mendatang.

Sementara, KPUD Sumbawa Barat, NTB juga menemukan ribuan surat suara rusak usai pelipatan. Surat suara yang rusak dari semua jenis, baik surat suara presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI maupun DPRD tingkat provinsi serta kabupaten/kota.

Ketua KPUD Sumbawa Barat Deni Saputra mengatakan, sesuai hasil pelipatan suara, terdapat 4.979 surat suara rusak dari berbagai jenis. Deni memastikan, surat suara pengganti akan tiba tepat waktu tanpa mengganggu pelaksanaan Pemilu 2019.

Peliput: Irwansyah-Taupan Iswandi NTB dan Rasman Abdul Rahman-Polman


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments