youtube channel

Channels

Mencekam, Detik-detik Pendaratan Pesawat Tanpa Roda Depan di Myanmar

Mencekam, Detik-detik Pendaratan Pesawat Tanpa Roda Depan di Myanmar

Mencekam, detik-detik pendaratan pesawat tanpa roda depan di Myanmar

Sebuah pesawat jet penumpang mendarat tanpa roda depan di Bandara Mandalay, Tada U, Myanmar hari Minggu (12/5/2019). Detik-detik pendaratan dari dalam kabin pesawat terekam video amatir.

antvklik.com - - Sebuah pesawat jet penumpang milik Myanmar National Airlines mendarat darurat di Bandara Mandalay, Tada-U, Myanmar, hari Minggu (12/5/2019) pagi waktu setempat. Pesawat jenis Embraer 190 berhasil mendarat meski tanpa roda depan. Detik-detik pendaratan dari dalam kabin pesawat dan bagaimana jalannya evakuasi direkam salah satu penumpang.

Pesawat jet bermesin dua ini membawa 89 penumpang dan awak dari Yangon. Namun saat akan mendarat di Bandara Mandalai, roda depan pesawat tidak keluar. Pilot yang terbang mengitari bandara sampai meminta petugas menara pengendali penerbangan atau air traffoc control (ATC) dua kali melihat kondisi roda depan.

Bagian moncong pesawat menyentuh aspal landasan pacu

Melihat roda depan tidak mau keluar juga, sang pilot akhirnya memutuskan melakukan pendaratan darurat. Sebelum mendarat, sebagian besar bahan bakar pesawat dibuang terlebih dahulu agar tidak memicu kebakaran. Seorang penumpang pesawat merekam detik-detik pendaratan yang menegangkan ini.

Roda depan pesawat tidak mau keluar saat pendaratan

Saat bagian moncong pesawat menyentuh landasan pacu, sempat keluar asap dari lantai kabin. Ini menandakan betapa panasnya gesekan badan pesawat dengan aspal landasan pacu.

Awak pesawat Myanmar National Airlines yang membuat pendaratan darurat berjalan sukses tanpa ada yang terluka

Sesaat setelah pesawat berhenti, penumpang langsung dievakuasi sesuai instruksi awak kabin dari pengeras suara. Tidak ada satu pun penumpang atau awak pesawat yang terluka dalam kejadian ini.

Sumber: Reuters, ABC News


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments