youtube channel

Channels

Dampak Terpapar Asap Sisa Kebakaran Hutan, Warga Riau Harus Waspada

Dampak Terpapar Asap Sisa Kebakaran Hutan, Warga Riau Harus Waspada

Meski dibantu menggunakan dua mesin air namun tak juga bisa meredam besarnya kobaran api.

Hati-hati dengan asap sisa kebakaran hutan. Terlalu lama terpapar asap bisa berujung kematian.

antvklik.com - Kabut asap berasal dari sisa kebakaran lahan yang menyelimuti kota Dumai mulai menganggu aktivitas belajar mengajar (11/9/2019). Kualitas udara yang jelek membuat pihak sekolah meliburkan siswa karena khawatir dampak bahaya kabut asap.

Seperti yang dilaporkan Dadi Putra, wartawan ANTV dari Dumai, salah satu sekolah yang meliburkan siswanya adalah SDN 013 Dumai. Siswa diliburkan selama dua hari kedepan.

“Dua hari libur dulu. Nanti kita lihat lagi kalau sudah membaik bisa masuk, kalau masih ga bagus siswa tetap libur,” jelas Nuraini, guru SDN 013 Dumai.

Saat ini indeks kualitas udara terpantau sekitar 426 psi. Masuk katagori tidak sehat. Kabut asap ini merupakan asap kiriman sisa kebakaran hutan yang masih berlangsung di sekitar kota Dumai dan wilayah lainnya di provinsi Riau.

Apa saja dampak buruk asap bagi kesehatan


  • ISPA

ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Atas sesungguhnya terjadi karena virus bukan asap. Namun akibat asap daya tahan tubuh melemah dan virus dengan gampang masuk dalam tubuh. Ini lah yang memicu timbulnya ISPA.

ISPA tidak hanya beresiko untuk anak-anak namun juga lansia.


  • Asma

Aasama merupakan genyakit genetik atau turunan. Namun asap bisa memicu serangan asma.


  • Penyakit paru obstruktif kronik/ PPOK

PPOK bisa berujung pada kematian bila penderita terpapar asap dalam jangka waktu lama. PPOK dapat mengurangi atau memperburuk kerja paru-paru.


  • Jantung

Perlu diketahui, kabut asap membawa partikel mini bernama pm2.5. cara masuknya dapat melalui saluran pernafasan. Pasien yang terpapar kabut asap dalam waktu lama, menggandakan risiko terkena serangan jantung ataupun stroke.


  • iritasi

Terkena kabut asap dapat menimbulkan iritasi pada mata, tenggorokan, hidung dan menyebabkan sakit kepala atau alergi.

Dari berbagai sumber.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments